Aturan Dalam Sepakbola

20171119_170316

Siapa yang tidak kenal dengan permainan sepak bola?
Sepak bola merupakan olahraga yang menggunakan bola yang pada umumnya terbuat dari bahan kulit. Permainan sepak bola terdiri dari dua tim yang masing-masing timnya beranggotakan sebelas pemain. Olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia ini dimainkan pada lapangan terbuka berbentuk persegi empat. Tujuan permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Di Indonesia sendiri popularitas olah raga ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Semakin banyak tim-tim sepak bola daerah yang bermunculan, serta menjamurnya pertandingan-pertandingan yang diadakan. Secara resmi, berkembangnya permainan sepak bola di Indonesia diawali dengan didirikannya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930. Pimpinan PSSI pertama kala itu yakni Soeratin Sosrosoegondo. Sejak didirikannya PSSI, permainan sepak bola mulai sering dikompetisikan di Indonesia. Masyarakat pun semakin familiar dengan permainan menggiring bola yang satu ini.

20171119_173112 (1)Ada beberapa ketentuan dalam sepakbola antara lain adalah lapangan yang harus memenuhi standart fifa yaitu, panjang lapangan sepakbola minimal 100 meter dan maksimal 110 meter dan lebar lapangan sepakbola minimal 64 meter dan maksimal 75 meter ukuran lapangan sepakbola ini sudah disesuaikan dengan jumlah pemain yang totoal 22 pemain dari total kedua tim yang bertanding.

20171119_172916Dalam setiap pertandingan yang dilakukan oleh kedua tim tentu diperlukan seorang pengadil lapangan atau wasit. Didalam pertandingan sepakbola wasit adalah orang yang memegang penuh keputusan atas segala hal yang terjadi di lapangan. Setiap pertandingan akan dipimpin oleh 4 wasit yang bertugas sesuai tuagsnya masing-masing, wasit satu sebagai pemegang penuh keputasan yang terjadi dan dibantu oleh 2 hakim garis yang bertugas di pinggir lapangan da nada satu wasit yang bertugas diluar lapangan untuk mengawasi para pemain cadangan, official tim maupun pelatih. Namun keputusan utama tetap pada wasit yang berada di dalam lapangan tetapi wasit yang berada di dalam lapangan bisa juga berdiskusi dengan wasit yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s