Daun Sirih Obat Kumur Tradisional

DSC_0005             Daun sirih, tumbuhan satu ini sudah tak asing lagi di dengar. Bahkan tumbuhan ini banyak ditanam dirumah-rumah sebagai tanaman obat tradisional. Sesuai dengan fungsinya sebagai obat tradisional, daun sirih ini memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat dari daun sirih adalah sebagai obat kumur alami.

            Bau mulut yang tak sedap menjadi hal yang menyebalkan dan mengganggu bagi setiap orang. Bau mulut menyebabkan kurangnya percaya diri seseorang untuk berbicara dengan lawan bicaranya. Selain masalah bau mulut, diantara kita pasti pernah mengalami sariawan, gusi bengkak atau sakit gigi. Masalah seperti itulah yang juga ikut membuat mood menjadi berantakan dan merusak rencana-rencana yang ada.

         Hal tersebutlah yang menjadikan saat ini sangat banyak obat penyegar mulut. Mulai dari untuk berkumur ketika selesai menyikat gigi, hingga obat penyegar mulut dengan kemasan spray yang dapat dibawa kemana saja dengan beragam rasa. Meskipun saat ini sudah banyak jenis-jenis obat kumur yang dijual dipasaran. Kita dapat membuat sendiri obat kumur yang ke alamiannya terjamin.

        Daun sirih dapat menjadi obat kumur karena ia mengandung zat tannin dan flavonoid. Kedua zat tersebutlah yang dapat melawan bakteri dalam mulut serta menyegarkan mulut. Selain terbuat dari bahan alami, obat tradisional yang kita buat sendiri tidak memiliki efek samping yang bahaya dan bisa digunakan untuk anak-anak ataupun ibu hamil.

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat obat kumur tradisional, antara lain :

  1. 3 (tiga) lembar daun sirihDSC_0016
  2. Dua gelas air (± 300 ml air)2 gelas air

 

Cara membuat obat kumur tradisional :

  1. Cuci bersih dauh sirihsirih
  2. Masukkan daun sirih dan air kedalam pancipanci
  3. Masak dengan api sedang dan tunggu hingga air mendidih atau hingga menjadi satu gelasapi sedang
  4. Tuang air sirih yang sudah mendidih kedalam gelas dan tunggu hingga suhu berubah menjadi hangat (± 30 menit)tuang air 

    Cara menggunakan obat kumur tradisional :

    Setelah suhu air sirih berubah menjadi hangat, barulah kumur selama ± 3 menit. Lakukan lah secara rutin agar mulut tetap sehat dan segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s