Alat Pengiring Musikalisasi Puisi

piano-385467_960_720

Piano dan Gitar. Kedua alat musik ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai alat pengiring musikalisasi puisi. saya akan membahas kedua alat yang sering dijadikan pengiring dalam pembuatan musikalisasi puisi.

1. Piano

Piano adalah salah satu alat musik yang digunakan sebagai alat pengiring musikalisasi puisi. Piano digunakan sebagai alat pengiring, karena piano merupakan alat musik yang melodis, sehingga cocok untuk menciptakan atmosfir yang pas untuk para pengedengar musikalisasi puisi. Selain piano, bermusikalisasi puisi juga bisa menggunakan alat musik pengiring lainnya, dan bahkan bisa dipadukan pengiring satu dengan pengiring lainnya.

Piano memang terbilang lumayan sulit untuk para pemusik memusilakisasikan puisi. Piano juga alat melodis yang sangat unik, karena pendengar lebih bisa terbawa suasana jika pengiringannya menggunakan piano.

  1. Nada, nada merupakan bagian terkecil dari musikalisasi puisi. Kita harus sangat memperhatikan nada yang kita buat untuk musikalisasi puisi. Setelah nada, kita harus memperhatikan melodi.
  2. Nada-nada diatas akan bermakna jika disusun secara horizontal dengan interval tertentu, itulah yang dinamakan melodi.
  3. Setelah nada dan melodi, kita juga harus memperhatikan irama. Karena irama menentukan bentuk lagu dari musikalisasi puisi. Maka dari itu, jika kalian tidak memperhatikan point penting yang satu ini, kalian akan kehilangan penjiwaan dari puisi yang diapresiasi.
  4. Tangga nada. Penggunakan tangga nada berpengaruh besar terhadap penjiwaan kunci. Di dalam musik tangga nada diatonic, merupakan tangga nada yang banyak dipakai dalam musikalisasi puisi, sedangkan tangga nada pentatonic lebih banyak dipakai dalam seni musik tradisional Jawa. Penggunakan tangga nada minor, dipakai untuk puisi-puisi yang berjiwa melankolils, sendu, sedih, duka, dan pesimistis.
  5. Tempo menentukan karakter musikalisasi puisi. Tempo secara umum adalah sesuatu yang berhubungan dengan cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan.

2. Gitar

cort

Selain piano, gitar termasuk alat pengiring yang sering digunakan untuk mengiringi musikalisasi puisi. Banyak yang lebih memilih gitar untuk bermusikalisasi puisi, karena rupanya alat musik satu ini lebih mudah dimainkan daripada piano. Jadi, jika kalian ingin berkarya, sesuaikan kemampuan dan kesenangan kalian di alat musik tersebut. Karena, jika tidak, suasana dari bait-bait yang ada di musikalisasi puisi tidak dapat tersampaikan dengan baik.

Selamat mencoba untuk mulai berkarya dengan musikalisasi puisi. Karena hal ini sudah sangat jaran, dan jangan biarkan musikalisasi puisi kalah dengan musik di jaman yang modern ini. Karena musikalisasi puisi mengandung bahasa sastra yang sangat bermakna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s