Finger Style

Penulis : Andi Nurhakim
Permainan Finger Style Oleh Thariq Habib

Penulis : Andi Nurhakim

Fingerstyle guitar adalah suatu teknik bermain gitar dengan cara memetik senar secara langsung dengan ujung jari, kuku, kombinasi keduanya ataupun dengan alat bantu lainnya tanpa menggunakan pick atau plektrum. Istilah “fingerstyle” ini sering dikaitkan dengan “fingerpicking” sebagai suatu teknik standar gitar klasik yang dimainkan dengan mempergunakan gitar nilon.
Sebagai suatu teknik bermain tersendiri “Fingerstyle” bisa juga di artikan sebagai teknik bermain gitar dimana melodi, bass line, harmonisasi pengiring maupun (kadang-kadang) perkusi bisa dimainkan bersamaan hanya dengan satu gitar.

Selama anda membunyikan not/bunyian lain langsung menggunakan jari tangan (baik itu tangan kiri  saja , kanan saja, ataupun keduanya) pada gitar Fingerstyle adalah menggunakan gitar sebagai mini band secara maksimal , sebuah kreatifitas merancang komposisi atau mengaransemen lagu dengan memasukan apapun elemen-elemen suara/bunyian yang memungkinkan dapat di produksi oleh gitar

Thariq adalah salah satu pemain Finger Style yang sudah menekuninya sejak tahun 2014, dimana .Thariq ini awalnya adalah pemain band yang memegang posisi Gitaris dari band yang bernama The Constellations yang berdiri sejak tahun 2012 dimana band tersebut terdiri dari 6 personil band.

Thariq sendiri awalnya belajar bermain Finger Style dari Youtube dimana dia belajar secara otodidak dengan melihat – lihat video yang ada di Youtube, dikarenakan tidak memiliki waktu yang cukup kalau memang harus belajar melalui les Guitar itu sendiri jadinya Thariq lebih memilih belajar secara otodidak melalui video – video yang sudah ada di Youtube.

lagu – lagu yang sering dimainkan pun sebenernya beragam namun ketika ditanya, Thariq berkata lebih senang memainkan yang ber Genre Pop dikarenakan memang Thariq itu sendiri lebih senang dengan aliran musik pop itu sendiri, karena memiliki nada yang santai dan juga lebih banyak disenangi oleh remaja – remaja.

Kelebihan bermain Finger Style gitar adalah bagi anda yang memainkannya akan terlihat lebih mahir dalam memainkan gitar dibandingkan dengan yang hanya bermain rhythm, suara gitarnya pun akan terdengar lebih merdu dan jika anda bermain fingerstyle gitar maka suara yang dihasilkan adalah seperti gitar yang bernyanyi serta diiringi musik yang secara bersamaan dalam satu gitar.

Bermain Finger Style juga bisa mengasah kemampuan otak kita dimana kita akan mencari nada- nada yang sesuai dengan musik yang kita mainkan, disana lah pendengaran dan kemampuan kita dalam mencari nada diasah.

Link Youtube : Video

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s