Musik Komposer Dengan Keyboard

IMG_85992

Musik merupakan ilmu dan seni dari kombinasi ritmis nada-nada, vokal maupun instrumental yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama untuk mengekspresikan apa saja yang memungkinkan, namun khususnya bersifat emosional.

Seorang Komposer adalah orang yang membuat komposisi sebuah musik baik itu yang ada liriknya maupun instrumental. Komposer adalah seorang pencipta dan bukannya orang yang memainkan musik atau membawakan sebuah lagu tersebut. Komposer menciptakan musik lewat notasi not dengan alat musik yang sesuai dengan kemampuannya.

Tanpa pengetahuan musik yang memadai dan keterampilan serta peralatan penunjang lainnya yang harus dimiliki di dalam melakukan tugasnya, sangat mustahil bila seseorang itu dapat dikatakan sebagai seorang komposer. Seorang komposer dituntut untuk memiliki keahlian membuat komposisi-komposisi musik maupun vokal secara total yang dilakukan dengan strukturisasi musik secara komprehensif.

Keyboard adalah alat musik yang dimainkan seperti piano dan hanya keyboard yang bisa memainkan beragam suara, seperti terompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Perbedaan yang pasti antara keyboard dengan piano adalah bahwa keyboard selalu menggunakan listrik, sehingga lebih memungkinkan apabila suaranya diperbesar dengan pengeras suara.

Pada umumnya keyboard adalah alat musik yang sering digunakan oleh seorang komposer untuk membuat sebuah komposisi musik seperti instrumental maupun sebuah musik latar (backsound). Selain fleksible karena semua jenis alat musik ada, ditambah lebih kompleks saat menciptakan sebuah nada dan tempo yang pas.

Untitled

Faizal Rachman atau yang biasa disapa ical merupakan seorang musik komposer dengan menggunakan keyboard. Ical mulai terjun di dunia musik sejak SMA, berawal dari hobinya yang suka dengan mengaransemen musik hingga akhirnya dengan keyboard ical sudah bisa membuat musiknya sendiri dengan kreasi dan kreatifitasnya.

Sebagai seorang komposer musik ical juga sering mendapat tawaran dari industri film dan iklan, biasanya ical diminta untuk mengisikan elemen musik pada film dan iklan berupa soundtrack, maupun backsound. Prosesnya disebut Scoring, yaitu musik yang mengikuti pergerakan gambar. Apa yang terjadi dilayar, musiknya harus mengikuti.

Saat proses Scoring, ical membuat musik tidak hanya dengan keyboard tapi dibantu dengan software editing yaitu Abelton untuk mac. Software tersebut memang cocok bagi komposer musik karena memudahkan untuk menciptakan nada dan chord nya sesuai dengan visual yang terdapat pada sebuah film atau iklan.

“Make a sound be imagine.” ical

Menurut ical musik bisa diciptakan dari imajinasi suara apapun, seperti benda-benda yang pada umumnya bisa menghasilkan suara, lalu berimajinasilah dengan suara itu sebebas kreatifitas kita sehingga menciptakan perpaduan yang enak didengar. Di saat itu lah kalian bisa menyebut diri kalian seorang komposer.

Musik Komposer Dengan Keyboard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s