Pentingnya Sejarah Bagi Pemuda

nicolas 2

Perkembangan teknologi informasi membuat cara manusia berpikir dan berprilaku juga mengalami perkembangan, tapi juga memunculkan kemunduran khususnya pada generasi pemuda masa kini, yang di Indonesia kerap disebut sebagai “generasi milenial zaman now”. Sebagian besar mereka hidupnya seakan bergantung pada teknologi, bahkan saat ini hidup tanpa gadget atau internet seakan menjadi suatu kehampaan.

Lantas apa yang hilang dari mereka? Jawabannya adalah sejarah. Bung Karno pernah berpesan “JASMERAH (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah)”. Seorang Bung Karno pun sudah mengingatkan sejak dahulu, bahwa sejarah adalah suatu hal yang sangat penting. Karena sejarah bukan hanya mengantarkan pemuda kepada masa lalu melainkan membawa dirinya kepada masa depan yang baik dan berprestasi.

Contoh sosok pemuda yang peduli akan pentingnya sejarah adalah Nicolas Rahmady Adam. Ia merupakan sosok pemuda dengan segudang prestasi yang menggemari dan menjunjung tinggi filosofi hidup Bung Karno. Berbeda dengan pemuda lainnya yang kebanyakan menggemari artis entertain, luar negeri ataupun dalam negeri, Nicolas menggemari sosok Bung Karno. Baginya Bung Karno adalah inspirasi dalam menjalani hidup, kemampuannya membawa Indonesia kepada kemerdekaan dan kejayaan pada masa ia memimpin, menjadi alasan utama kenapa ia menggemari Bung Karno. Banyak filosofi kehidupan yang ia ambil dari kata-kata bung Karno yang salah satunya adalah “JASMERAH (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah)”.

Lalu bagaimana pendapat Nicolas mengenai pentingnya sejarah bagi pemuda? Apalagi ditambah dengan kebanyakan pemuda saat ini yang bergantung terhadap gadget dan internet. Berikut sosok Nicolas Rahmady Adam penggemar Bung Karno yang akan menjawab pertanyaan tersebut:

 

Lewat video tersebut, kita menjadi tahu bahwa sejarah adalah sesuatu yang penting bagi pemuda, karena dengan sejarah kita menjadi tahu kesalahan-kesalahan generasi sebelum kita, yang akan menjadi pelajaran bagi kita agar tidak terjatuh kembali kedalam kesalahan tersebut, tentunya hal ini bisa membuat hidup kita dapat berjalan dengan baik.

Kita bisa belajar sejarah dari mana saja, asalkan informasi mengenai sejarah yang kita dapatkan adalah informasi yang valid atau benar. Buku menjadi jawaban pertama sebagai sumber sejarah, banyak buku-buku mengenai asal-usul, biografi atau autobiografi tokoh menginspirasi, dan banyak lagi. Buku merupakan sumber yang tingkat kakuratannya paling tinggi dibandingkan sumber lainnya, apalagi jika buku tersebut dibuat atau ditulis langsung oleh tokoh terkait.

Meskipun begitu, gadget atau gawai juga beguna untuk mencari informasi mengenai sejarah. Karna pada dasarnya gawai tidak selalu buruk, kita dapat memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari asalkan tidak terlalu bergantung terhadapnya. Karena pada dasarnya gawai diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, tentang apakah efek yang ditimbulkan itu baik atau buruk adalah bergantung pada pemakainya atau manusianya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s