Bakudapa, Terlahir karena Bertemu

bersama

Banyak sekali remaja Indonesia yang menuangkan kreatifitasnya dalam berbagai hal salah satunya adalah melalui musik, salah satunya adalah Band Bakudapa. Bakudapa Band merupakan sebuah band indie dengan aliran pop – rock dari sekumpulan mahasiswa yang mempunyai hobi dalam bermusik.

Bakudapa sendiri berasal dari bahasa daerah Manado, “Baku Dapa” yang artinya adalah bertemu. Bakudapa selalu senang bertemu dengan banyak orang yang menonton performance mereka. Mereka menganggap bahwa orang yang menonton performance mereka merupakan sumber energi positif untuk mereka. Dipertemukan karena relasi, membuat Bakudapa dapat berdiri selama hampir 2 tahun dan telah menghasilkan 3 single lagu. 2 lagu diantaranya sedang dalam proses rekaman.

Bakudapa terdiri dari 6 personel, diantaranya adalah Iqbal sebagai vokalis, Dipa sebagai keyboardist, Jacko sebagai bassist, Jaka sebagai drummer, Lutfi sebagai rythm dan Ojay sebagai melodist. Mereka merupakan mahasiswa di Universitas di Tangerang dan Jakarta. Dua diantaranya, Iqbal dan Dipa merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

manggung

Terlahir karena bertemu membuat Bakudapa memiliki chemistry yang kuat antar personelnya, walau di kesibukan kuliah yang padat, mereka tetap memberikan waktu untuk bertemu dan kumpul bersama. Jika ada masalah pun, mereka akan selesaikan secara baik-baik, mereka selalu berpikiran positif jika ada salah satu personil yang tidak dapat hadir. Hal itu lah yang membuat mereka kompak sampai saat ini.

Menjalani sebuah band, tentu banyak suka dan duka yang sudah dilewati. Salah satunya adalah saat melakukan performance di kampus UIN, baru 2 menit performance lalu terjadi pemadaman lampu, selain itu karena Bakudapa merupakan band indie, mereka belum ada sponsor yang mendanai mereka, sehingga mereka melakukan semua kegiatannya menggunakan uang dari saku mereka sendiri. Semua duka yang mereka rasakan mereka lewati dengan rasa suka, sehingga mereka tidak merasakan duka selama bersama dengan Bakudapa.

Selama berkecimpung di dunia musik, Bakudapa beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk satu panggung dengan band-band terkenal, seperti Float, Sheila On7 dan juga Sisitipsi. Mereka merasa bangga karena bisa merasakan rasanya satu panggung dengan band ternama tersebut.

with sstipsi

Iqbal dan Dipa mengatakan bahwa mereka menjalani Bakudapa dengan serius tapi santai sehingga tidak melupakan kewajibannya sebagai mahasiswa. Mereka biasanya mengambil job perform di waktu yang senggang sehingga tidak mengganggu perkuliahan mereka.

Akhir kata, Dipa mengatakan bahwa:

tidak ada hasil yang mengkhianati proses. Jadi nikmatilah segala prosesnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s