Membahas Gitar: Mengenal Bahan Dasar Gitar Untuk Thrash Metal

Untitled-1Gitar adalah alat musik terpenting dalam Genre musik Thrash Metal. Yang dimaksud di sini adalah gitar elektrik yang mampu mengeluarkan suara setelah disambungkan ke amplifier. Bahan material gitar, seperti kayu pada body gitar, dapat mempengaruhi karakter suara. Mahogany dan Alder adalah jenis kayu yang umum digunakan pada body gitar, karena karakter kedua kayu tersebut dapat memaksimalkan keluarnya suara gitar.

Selain kayu pada bagian body, terdapat juga kayu pada bagian neck/leher gitar. Pada bagian tersebut biasanya memakai kayu jenis Mapel dan Rosewood. Kedua kayu tersebut terkenal dengan keringanannya dan kepadatannya.

Untuk mendapatkan suara gitar yang maksimal, anda memang dituntut untuk memilih bahan atau spesifikasi pada gitar yang tidak sembarangan. Karakter pada gitar memang tergantung pada pribadi diri anda masing-masing. Tetapi jika anda tidak memilah – milih spesifikasi pada gitar anda, hasilnya bisa jauh dari harapan anda.

Mengapa harus kayu Mahogany dan Alder pada bagian body gitar? Mengapa harus Mapel dan Rosewood pada bagian leher/neck gitar? Di sini saya hanya merekomendasikan, apa-apa saja yang sekiranya dapat membuat karakter gitar yang pas, untuk bermain Style Thrash Metal.

Sequence 01.00_00_09_20.Still002Kayu Mahogany mempunyai karakter suara yang tebal, akan sangat pas jika dipadukan dengan effect distorsi yang akan menghasilkan karakter suara yang renyah serta berat. Kayu Mahogany cenderung memiliki bobot cukup berat dibandingkan kayu-kayu lainnya yang digunakan untuk gitar.

Jika anda menginginkan karakter suara gitar yang mempunyai sustaine yang baik, cobalah memilih kayu Alder. Kayu Alder akan menambah daya distorsi yang panjang, serta  memberikan suara low yang tebal. Jika digunakan untuk Style Thrash Metal, akan menghasilkan suara distorsi yang soft dan “mengigit”. Untuk bobot berat, kayu Alder terbilang lebih ringan dibandingan dengan kayu Mahogany.

Sequence 01.00_00_06_20.Still001Untuk bagian leher/neck gitar, saya rasa Mapel dan Rosewood lah pilihannya. Walapun begitu, ada juga gitar yang menggunakan kayu Mahogany atau Alder, penggunaan kayu secara full, dari body sampai neck biasanya disebut, Neck-Thru. Tetapi, kembali lagi kepada karakter anda masing-masing, apakah anda ingin menggunakan Neck-Thru, atau anda lebih ingin membedakan kayu.

Kembali kepada kenapa anda harus memilih kayu Mapel dan Rosewood untuk bagian leher/neck gitar. Kedua kayu ini memiliki bobot yang sangat ringan, tetapi walaupun ringan, kedua kayu ini memiliki serat yang pada. Karena sertanya yang pada, serta bobotnya yang ringan, anda tidak perlu khwatir akan kenyamanan tangan anda saat memegang bagian leher/neck gitar.

Selain material kayu, suara gitar dapat terpengaruh dari karakter Pick Up gitar. Pick Up aktif dapat mengeluarkan suara yang lebih garang dan berisi dibanding Pick Up pasif yang cenderung memiliki karakter suara yang lembut. Untuk pembahasan Pick Up, akan saya jabarkan pada video selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s