Pemain Keyboard dalam Band Gangstarasta

gangstarastaofficial_BSmiLi0FFjb

Musik adalah salah satu ilmu atau bidang seni yang berupa suara/ bunyi/ nada yang terkombinasi dalam urutan yang mempunyai kesatuan irama, melodi, harmoni yang dapat menggambarkan perasaan penciptanya terutama dalam aspek emosional. Musik memiliki banyak jenis diantaranya Jazz, Pop, Rock, Reggae, Metal dan sebagainya.

Gangstarasta adalah salah satu band yang beraliran Reggae yang berdiri pada 19 Desember 2001. Mereka pernah merilis album perdananya di tahun 2009 dengan judul Unity. Single yang berjudul Hilang merupakan jagoan dari album tersebut yang membuat nama mereka melambung di Komunitas Reggae Indonesia. Gangstarasta juga mendapatkan 2 kali nominasi Karya Produksi Reggae/Ska/Rock Setady Terbaik di ajang Ami Award. Dan sempat diundang juga oleh salah satu Habib di solo untuk mengaji dan bernyanyi bersama.

Heriyanto adalah salah satu personil dari band reggae Gangstarasta. Heriyanto adalah pemain keyboard dan backing vocal yang bergabung dengan Gangstarasta pada tahun 2003. Selain menjadi anggota dari band Gangstarasta, Heriyanto juga memiliki kesibukan lainnya yaitu kuliah dan menjadi guru seni di sebuah sekolah dasar di Larangan, Tangerang. Tetapi bagi dia musik bukan penghalang kesibukan dia.

Menurut Heriyanto sendiri, memang banyak orang yang mengagap reggae itu identik dengan kriminal, identik dengan ganja, narkoba dan segala macam, dari sini lah orang lain janagn melihat dari sudut pandang yang berbeda atau memandang sebelah mata. Tetapi di Gangstarasta tidak ada satu pun personil yang menggunakan narkoba, karena sudah memiliki komitmen “tidak ada narkoba, tidak ada ganja”, walaupun reggae itu identik dengan ganja.

Dengan lagu yang bejudul Hilang, yang dibawakan pada tahun 2006 di Hard rock. Saat itu sedang terjadi tsunami di jepang, gangstarasta diundang konser untuk membantu bencana alam yang terjadi di jepang dan pada saat itu gangstarasta diliput oleh orang jepang. Selain itu Gangstarasta adalah salah satu band reggae Indonesia yang pernah diliput dari media Jamaica langsung. Karena Jamaica ingin mengenal lebih jauh reggae di Indonesia.

cuwox_gangstarasta_BSX07dogirF

Menurut Heriyanto dalam dunia musik khususnya di gangstarasta pasti pernah mengalami suka dan duka. Sukanya adalah bisa dikenal orang dari sabang sampai merauke dan secara tidak langsung bisa mengetahui dan mengenal lebih jauh lagi daerah-daerah yang ada di Indonesia, karena hampir semua daerah di seluruh Indonesia pernah Gangstarasta datangi. Dan dukanya adalah pada awal Gangstarasta konser, sudah jauh-jauh mereka datang tetapi hasilnya hanya sekedar nasi bungkus. Tatapi Heriyanto sendiri meyakinkan bahwa itulah yang dinamakan dengan proses “Semua itu jangan langsung enak, tetapi kita juga ngerasain dari yang susahnya juga”.

Menurutnya musik itu sudah sangat menjiwai, sudah mendarah daging, karena orang tanpa musik itu mustahil. Banyak orang yang tidak bisa bermain musik, tetapi orang tidak pernah terlepas dari musik. Gangstarasta bagi Heriyanto adalah keluarga, karena disitulah persaudaraan lebih erat. Mulai dari Heriyanto nol dan bisa sampai sejauh ini, dapat dikenal orang itu semua dari gangstarasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s