Perawatan Burung Pleci (Kacamata)

FB_IMG_1511797182348

Kali ini saya akan memberikan tips mengenai perawatan burung pleci ala fariz. Burung pleci merupakan burung yang berciri khas pada lingkaran mata ( kacamata ) berwarna putih yang melingkari di sekeliling matanya. Burung ini memiliki suara kicaw yang disebut dengan istilah ngalas. Pada dasarnya, burung pleci akan cepat berkicau bila dirawat dengan baik dan sesuai terhadap tahapannya. Pada tahap pertama burung pleci sangat membutuhkan pengembunan, pengembunan dapat dilakukan sekitar pukul 5 pagi sampai pukul 6 pagi, caranya gampang cukup gantungkan pleci di pepohonan  yang terjangkau oleh kita. Bisa juga kita buat seperti kerekan bendera yang tingginya sekitar 10 meter (lebih tinggi lebih baik). Kenapa burung pleci butuh pengembunan? Karena pengembunan mampu melatih volume/suara burung tersebut agar terdengar kencang, dan melatih agar burung pleci lebih gacor. Saat hidup di alam liar burung pleci sangat suka berada di pohon yang tinggi, karena itu kita harus menyesuaikannya dengan mengembun menggunakan kerekan.

Screenshot_2017-11-25-12-07-54-26

Tahap kedua selalu bersihkan kandang burung pleci agar terhindar dari penyakit atau sebagainya. Pleci dapat hidup hingga 3 atau 4 tahun lamanya, itu pun jika kita memeliharanya dengan sangat baik dan terjaga. Maka dari itu kandang burung pleci harus selalu bersih.

Screenshot_2017-11-25-12-07-40-79

Tahap ketiga mandikan burung 2 kali sehari pagi hari dan sore hari, jika kita memandikan burung pleci terlebih dahulu lihat cuaca, jika cuaca cerah dan ada matahari burung haru wajib dimandikan, jika cuaca mendung/hujan tidak perlu memandikannya. Dalam tahap ini sediakan cepuk mandi yang cukup besar untung si burung tersebut mandi sendiri kita cukup memancingnya dengan di semprot air tapi tidak terlalu basah, dan burung akan mandi sendiri.

Screenshot_2017-11-25-12-11-29-95

Tahap empat selalu mengganti pakan dan minum burung tersebut, agar burung tetap dalam kondisi yang baik, dalam hal pakan setiap pemelihara burung berbeda, fariz sendiri menggunakan pakan yang dibuat sendiri olehnya, dan minumnya dapat ditambahkan vitamin yang ada di toko burung kicaw. Berikan juga ulat hongkong/ulat kandang rutin setiap pagi dan sore hari.

Screenshot_2017-11-25-12-05-30-39

Tahap ke lima yaitu penjemuran. Disaat kondisi burung pleci sedang fit (tidak turun bulu/mabung) penjemuran dapat dilakukan hingga 2-3 jam, tergantung kekuatan si burung tersebut. Jika burung sudah terlihat mangap (membuka paruhnya) berarti burung itu sudah kepanasan, kita dapat mengangkat dari penjemuran, lalu anginkan di tempat yang adem. Lalu berikan buah buahanan kepada burung pleci, contohnya apel, pepaya, pisang, jeruk, mentimun, dll. Di alam liar burung pleci merupakan burung pemakan buah-buahan karena itu kita perlu memberikan buah di setiap harinya.

Screenshot_2017-11-27-22-59-47-48[1]

Tahap ke enam (terakhir) yaitu koloni di alam liar burung pleci merupakan burung tipe koloni dan mereka hidup berkelompok. Maka dari itu di anjurkan dalam memelihara burung pleci jangan hanya satu ekor saja. Lebih bagus mempunyai 3 sampai 5 burung pleci. Saat di koloni baiknya kita sambil memaster burung tersebut dengan suara mp3 burung kicau lainnya seperti burung kenari, lovebird, kolibri, ciblek dll. Kelebihan yang dimiliki burung pleci hampir bisa menirukan semua suara kicaw burung lainnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s