Perkembangan Tas dari Dulu hingga Kini

Dalam dunia fashion, Tas merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Tak hanya digunakan untuk memenuhi keperluan sehari-hari, saat ini banyak orang yang menggunakan Tas untuk menunjang penampilan atau untuk keperluan fashion.

Kemungkinan awal kemunculan tas pada zaman prasejarah. Dimana pada saat itu, tas masih terbuat dari bahan kulit dan kayu.

Perkembangan tas baru dimulai pada sekitar abad ke-14. Saat itu, Tas yang sebelumnya berbahan dasar kulit dan kayu, berkembang menjadi berbahan dasar kulit sintetis. Penggunaan kulit sintetis pada abad tersebut bukan tanpa alasan, dikarenakan penggunanaan kulit sintetis dijadikan alternatif saat bahan kulit asli sedang habis. Pada abad ini, tas dibuat dengan tali tas nya yang berukuran panjang dan digunakan untuk menaruh benda-benda berharga. Panjang tali tas tersebut mencerminkan status sosial dari pemakainya.

Screenshot_20171128-144612

Berlanjut pada abad ke-16, dibuatlah tas dengan bentuk handbag. Saat itu tas handbag dibuat dari bahan dasar kulit dengan tambahan kancing pengikat dibagian atasnya.

Lalu pada abad ke-18, sejalan dengan penemuan kereta uap dan perkembangan trend busana neo-classical, tas handbag semakin berkembang. Bukan hanya untuk membawa barang saja, tetapi untuk keperluan aksesoris wanita pada saat itu. Di abad ke-18 ini, kata handbag digunakan untuk tas yang dalam penggunaannya dengan cara di jinjing atau dengan menggunakan sebelah tangan, dan biasanyadipakai oleh kaum pria pada saat itu. Hal tersebut merupakan cikal bakal dan inspirasi untuk tas yang populer di kalangan wanita.

Masih di abad ke-18, tak hanya berkembangnya tas jenis handbag. Terciptalah tas koper yag digunakan saat berpergian. Lalu mulai dibuat tas rucksack militer yang digunakan untuk keperluan perang, pembuatan tas ini dikhususkan untuk para tentara dalam menyiapkan perlengkapan perang.

Sekitar tahun 1940-an, unsur minimalis mulai masuk ke trend  busana pada tahun 1940-an ini. Dimana hal tersebut berpengaruh terhadap tas jenis handbag. Pada tahun 1950-an, mulai muncul merek-merek tas, seperti Louis Vuitton, Hermes dan Chanel. 

Screenshot_20171128-144626[1].png

Mulai tahun 1960-an hingga sekarang, perkembangan tas mulai modern. Serta penggunaan bahan bakunya semakin beragam. seperti bahan denim/jeans yang dipakai oleh brand Lomberg. Alasan penggunaan bahan denim tersebut dikarenakan material bahannya yangkuat untuk sebuah bahan dasar untuk tas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s