Alat-Alat Pendukung Spray Painting

Sore temen temen, balik lagi di vlog spray painting. Kali ini gue mau ngenalin apa aja yang dipakai untuk proses pengecatan dalam spray painting.
Yang pertama itu ada spray gun atau bahasa lainnya speed,bentuknya seperti berikut :


Kegunaan Spray gun atau speed diatas adalah untuk menampung cat dan menyemprot pada bidang yang akan di cat sebelumnya, dalam spray gun ini terdiri dari setingan angin,lebar sempit cat yang keluar,setingan keluarnya cat yang disemprotkan.Spray gun disini saya menggunakan tipe HVLP dengan semprotan cat yang lembut dan ringan digenggam, spray gun ini dapat dibeli di toko-toko cat dimanapun dengan harga sekitar 300 sampai 600an. Selain ini juga ada alat lain untuk mendukung proses pengecatan yaitu selang dan kompresor pemasok angin sebagai berikut :

DSC_0025
Kompresor adalah penyuplai angin dan akan dihantarkan ke spray gun melalui selang penghubung antara kompresor dan spray gun. Dalam proses spray painting ini minimal kompresor yang dapat digunakan adalah 116 PSI, dalam kompresor diatas sendiri itu terdapat kontak on off pada bagian kelistrikan. Lalu filter udara pada mesin,dan setingan angin yang akan dikeluarkan kompresor tersebut. Dan kompresor yang saya gunakan dalam spray painting diatas bermerek Shark, merek dan tipe ini banyak dijual dipasaran dan toko-toko perkakas dengan harga 2 juta sampai 5 jutaan.

Perangkat lain dari spray painting selain diatas adalah masker yang akan melindungi kita agar tidak menghirup debu cat dan biasa masker dapat ditemukan di toko cat dengan harga 15 ribu, lalu sarung tangan jika mengecat bidang yang kecil agar tidak terlalu banyak cat yang mengenai tangan kita dan sarung tangan pun dapat dibeli dengan harga 15 ribu sampai 25 ribuan, lalu paint brush untuk membuat gradasi garis pinggir atau membantu daklam membuat motif pada bidang bidang kecil maupun besar. Paint brush digunakan dengan angin yang kecil agar dapat menyemprotkan cat dengan baik ke bidang, beda dengan spray gun besar yang membutuhkan angin yang besar juga dan paint brush sendiri dapat ditemui di toko-toko penjualan cat daln alat perkakas lainnya dengan harga 250 ribu sampai 500 ribu rupiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s