CAMILAN – CAMILAN TIDAK BIKIN GENDUT

Ngemil?? Siapa yang tidak suka, semua orang menyenangi camilan. Camilan adalah makanan ringan sebagai selingan antara makan besar. Setiap orang pasti tidak akan pernah bosan untuk menyantapnya. Biasanya rasa camilan adalah gurih, asin, manis, dan pedas, banyaknya anak-anak muda bahkan orang tua sekalipun yang menggemari camilan. Tetapi terkadang ini menjadi suatu masalah untuk mereka yang sedang menjalani program diet, karena camilan identik dengan sesuatu yang membuat berat badan bertambah. Berikut ini adalah beberapa camilan yang bisa dinikmati oleh para pelaku diet :

1) POPCORN

IMG20171201153023

Popcorn ini biasa dibuat di rumah dengan menggunakan panci dan kompor. Kadar gula dan garamnya masih tergolong minim, kalian dapat membeli popcorn dalam kemasan di supermarket dan memanaskannya di rumah dengan microwave untuk mengurangi kadar minyaknya. Kini terdapat pula produk popcorn kemasan yang bebas mentega dan garam.

Popcorn dapat menjadi pilihan makan ringan yang sehat jika diolah dengan baik. Kandungan lemaknya yang rendah serta kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi membuat makanan ini menjadi makana ringan yang sempurna untuk menjaga berat badan. Selain itu, terdapat kandungan lain yang juga baik untuk tubuh yakni Vit B, Vit E, serat, magnesium dan juga antioksidan.

Buat kalian yang suka sekali menonton film, ini menjadi salah satu cemilan yang paling banyak dicari. Mungkin awalnya banyak yang tidak mengira bahwa popcorn diperbolehkan untuk yang sedang melakukan diet. Tapi ternyata, popcorn itu camilan sehat yang berasal dari biji jagung.

2) DARK CHOCOLATE

IMG20171201153050

Tiga jam setelah makan sering jadi waktu darurat ngemil bagi tubuh. Di masa-masa itu rasanya lidah dan tubuhmu selalu ingin untuk mengunyah sesuatu. Padahal sebenarnya perut sudah kenyang. Jika perasaan ini muncul dapat diatasi dengan mengkonsumsi 2 bars dark chocolate. Cokelat hitam tidak hanya enak dimakan, tetapi juga memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh, seperti melancarkan sirkulasi darah, melindungi kulit dari sinar UV, dan dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Jenis cokelat yang satu ini memang dikenal baik bagi kesehatan. Rasa dari dark chocholate ini memang lebih pahit dibandingkan jenis cokelat yang lain, dikarenakan kandungan gula dan lemaknya lebih sedikit sehingga tidak jadi masalah jika dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalani diet. Jika ingin mengkonsumsi camilan selain dark chocolate murni kamu bisa mencari camilan yang kandungan dark chocolate nya tetap tinggi.

3) BISKUIT GANDUM

IMG20171201153154

Siapa bilang roti menjadi makanan yang dilarang bagi pelaku diet, justru roti yang terbuat dari gandum sangat cocok untuk pelaku diet, tentu saja karena kandungan yang sangat bermanfaat, seperti kaya serat, vitamin dan nutrisi lainnya.

Didalam biskuit ini terdapat kacang-kacangan, dark chocolate, gandum dan juga bebas gluten. Biskuit ini mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu menahan lapar menjadi lebih lama dan akan membuat penyerapan gula menjadi sangat lambat sehingga meminimalisir gula darah. Selain itu, proteinnya yang tinggi akan membuat nafsu makan menjadi lebih terkendali.

Mengkonsumsi gandum yang terbukti kaya akan serat membantu pelaku diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Karena makanan kaya serat mampu mengurangi rasa lapar dalam waktu yang lama hingga mengerem nafsu makan dan memperlancar pencernaan. Jadi bagi anda yang ingin diet, tak perlu menghindari makan-makanan yang terbuat dari gandum, karena gandum terbukti sangat bermanfaat untuk diet, baik diet untuk mengurangi kolestrol dan gula darah, juga baik untuk diet mengurangi berat badan.

4) YOGURT

IMG20171201153124

Bagi kamu yang gemar nyemil dan sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut, tidak usah kawatir, kamu tetap bisa ngemil tapi tidak membuat gemuk. Waktu untuk ngemil yogurt bisa dilakukan di sela-sela waktu sarapan dan makan siang serta pada waktu sore hari sebelum makan malam. Yogurt bisa dikonsumsi dalam kondisi dingin ataupun biasa, baik dikonsumsi secara langsung maupun dengan campuran bahan lain, seperti madu. Mengapa madu? hal ini cocok bagi kamu yang tidak suka asam tetapi ingin tetap mengkonsumsi yogurt.

Yogurt memang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Yogurt mengandung magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan yang paling penting kandungan kalorinya tidak tinggi. Manfaat yoghurt untuk diet juga mampu mempercepat proses metabolisme, sehingga proses pembuangan menjadi lancar dan kolesterol seta lemak tidak terserap oleh tubuh. Yogurt juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, untuk manula sekalipun, karena terdapat kandungan laktosa yang sangat kecil.

Yoghurt sangat bagus untuk dikonsumsi oleh kalian yang sedang diet. Agar rasanya jadi lebih nikmat, bisa kombinasikan dengan makanan-makanan yang aman untuk diet juga seperti sereal, oatmeal, buah-buahan, dan biskuit atau kalian bisa memilih yogurt dengan rasa yang berbeda tidak hanya plan saja.

5) ALPUKAT

IMG20171201153042

Tidak banyak orang yang suka dengan buah alpukat karena rasanya yang hambar. Kita masih bisa mengonsumsinya secara enak dengan membuatnya menjadi berbagai jenis olahan makanan dan minuman seperti jus alpukat misalnya. Saat membuat jus alpukat tidak disarankan untuk menggunakan banyak gula malah sebaiknya tidak menambahkan gula. Penambahan gula ini justru akan membuat gemuk dan bisa jadi kita gagal pada diet yang sedang dijalani.

Selain dibuat menjadi jus, kita bisa mengolahnya menjadi salad dengan sayuran seperti selada, tomat, strawberry dan buah lainnya yang kemudian bisa ditaburi dengan minyak zaitun dan mayones. Buah alpukat juga bisa dimakan secara langsung karena rasanya juga enak. Pemilihan menu tentunya akan tergantung pada selera setiap orang masing-masing.

Kandungan lemak didalam alpukat adalah sumber lemak baik (lemak nabati) untuk menggantikan sumber lemak tidak baik. Dibandingkan dengan buah segar yang lain, alpukat mengandung lebih sedikit gula sehingga tidak membuat badan menjadi gemuk. Buah yang kaya akan serat ini dapat memaksimalkan sistem pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Bila dikonsumsi akan menguntungkan bagi kesehatan. Lemak baik ini berfungsi untuk mengurangi atau mencegah kolesterol jahat didalam tubuh yang menyebabkan penyakit jantung. Alpukat juga mengandung senyawa yang mampu mengurangi lemak perut dan menjadikannya susut dan rata. Memakan alpukat dapat juga menstabilkan gula darah, karena tidak membuat kadar gula darah naik sehingga menghindari diabetes dan naiknya berat badan. Jadi untuk kalian yang ingin ngemil dimalam hari atau bosan dengan makanan diet itu-itu saja, alpukat bisa menjadi salah satu solusinya.

Jadi jangan khawatir lagi ya, untuk ngemil pada saat sedang menjalani diet, karena makanan diatas merupakan beberapa camilan yang bisa dikonsumsi pada saat diet. Tidak perlu merasa bersalah dan khawatir badan akan menjadi gemuk karena camilan yang dikonsumsi, selain bermanfaat bagi kesuksesan diet bermanfata juga bagi kesehatan didalam tubuh kita, dan dapat menjalani diet dengan menyenangkan tanpa tertekan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s