Penjual Buah Langka si “Lontar”

IMG_20171203_111230

Banyak sebagian orang yang masih belum mengetahui Buah Lontar/Siwalan tersebut. Sekilas buah Lontar ini memang mirip dengan kolangkaling, rasanya pun hampir sama. Tetapi keduanya tentu berbeda dan pasti memiliki manfaat yang berbeda pula.

Penjual buah lontar saat ini memang sudah jarang, hanya di tempat-tempat tertentu yang masih menjual buah Lontar ini, seperti di stasiun, daerah cidodol, deplu dan lain sebagainya. Buah ini, berasal dari Tuban Jawa Timur. Eni salah satunya, yang sudah berjualan buah lontar sejak tahun 1998 hingga sekarang, ia juga berasal dari Tuban Jawa Timur dan masih melestarikan Buah Lontar tersebut.

Eni berjualan buah Lontar di daerah cidodol, ia menjual buah lontar tidak dengan berkeliling melainkan di depan rumahnya yang menjadi satu dengan tempat ia berdagang. Sebelum ia berjualan menetap di cidodol, ia pertama kali jualan di kemanggisan kemudian pindah dari kemanggisan ke Tanjung Periok hingga sekarang ia menetap di Cidodol.

_20171202_203337

Dari Tahun 1998 hingga sekarang ia hanya berjualan Buah Lontar saja. Tetapi saat ini, tak hanya Buah Lontar, melainkan Eni juga berjualan Buah Nanas Madu. Buah Lontar tak hanya di manfaatkan buahnya saja, airnya pun juga ia perjual-belikan. Air buah lontar biasa disebut dengan air legen. Dalam satu buah Lontar biasanya hanya terdapat tiga biji Buah Lontar.

Eni akan terus berjualan Buah Lontar, karena  masih ada orang yang mencari buah tersebut dan ingin merasakan manfaat dari Buah itu sendiri. baginya berjualan Buah Lontar juga menjadi keuntungan sendiri, bukan hanya dari segi keuangan tapi ia juga bisa berguna untuk orang lain yang membutuhkan buah lontar ini. Selain itu ia juga ingin melestarikan makanan khas dari Tuban ini. “Ini kan sudah menjadi makanan khas Jawa Timur” ungkap Eni.

Manfaat yang terkandung dalam buah ini bisa menyembuhkan penyakit magh, diabetes, panas dalam dan penyakit dalam lainnya. Eni mendapatkan Buah Lontar ini dari pengepul. Harga satu Buah Lontar ini cukup terjangkau, hanya dengan 10 ribu rupiah saja, anda sudah bisa menikmati buah yang bermanfaat dan menyehatkan ini. Selamat mencoba!

Buah Langka Si “Lontar”

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s