Si Manis Selendang Mayang

YATRO.png

Yatro adalah seseorang yang berasal dari Kota Tegal,  yang mempunyai seorang istri dan 2 (dua) anak.  Yatro merantau ke Jakarta sudah 7 (tujuh) tahun  lamanya,  untuk mencari tambahan uang agar dapat mencukupi biaya keluarganya dan juga biaya anaknya untuk sekolah.  Ia merantau ke Jakarta  bersama ke 2 (dua) saudaranya, dengan cara berjualan minuman Khas Betawi, yaitu Selendang Mayang.

Dengan merantau dan berjualan Selendang Mayang, Yatro ingin sekali untuk melestarikan minuman Khas Betawi ini, walaupun ia berasal bukan dari Betawi , tetapi ia ingin melestarikan minuman ini, dimana minuman ini sudah jarang ada yang menjualkan disekitar kita, mungkin ada beberapa tetapi hanya ditempat tertentu saja. Ada beberapa yang menjualkan tetapi tidak sebanyak seperti dahulu, karena minuman ini merupakan minuman yang susah untuk dicari dan ia juga minuman yang saat ini masih dicari oleh orang banyak orang atau pelanggan.

Semakin berkembangnya zaman, semakin hilang juga minuman Khas Betawi ini, dimana minuman ini merupakan minuman yang banyak disukai oleh orang banyak.  Yatro menjualkan selendang mayang setiap hari dari pukul 09.00 -17.00, dengan memikul es selendang mayang ia berjalan menuju tempat biasa yang ia lewatin tiap harinya untuk menjualkan selendang mayang tersebut. Selendang mayang merupakan mata pencarian yatro untu keluarganya yang berada di kampung.

yatro 1.png

Selendang mayang merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras yang kemudian diolah dengan cara diberi air dan dimasak diatas kompor dengan diaduk terus hingga mendidih dan matang, lalu setelah tepung beras yang sudah diolah ini matang, kemudian dituangkan ke nampan atau tempat yang bulat dan diberi plastik putih bening agar tidak lengket, agar selendang mayang tersebut bisa tercetak dengan rapih dan sesuai bentuk, lalu setelah tepung beras itu menjadi padat atau terbentuk diberi warna diatasnya agar terlihat menarik, setelah itu ada komposisi  tambahan yang ditambahkan agar selendnag mayang ini terihat tambah menarik yaitu ditambahkan gula merah, santan dan juga es batu.

Yatro menjualkan selendang mayang ini dengan harga Rp.5000 seporsi, dengan harga yang murah ini, yatro menjualkan es selendang mayang selalu habis setiap harinya, karena yatro melakukan ini untuk keluarganya yang berada dikampung. Dengan giat yatro menjualkan selendang mayang tersebut dengan semangat. Selendang mayang sangat nikmat untuk dinikmati saat musim panas ataupun hujan, karena selendang mayang merupakan minuman yang menyegarkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s