Ibu Sukamti Seorang Penjual Bubur Sumsum

sukamti.png

Bubur Sumsum adalah makanan tradisional. Pada saat ini, bubur sumsum sudah jarang ditemukan. Mungkin masih ada tetapi hanya di tempat tertentu saja. bubur sumsum adalah jenis makanan bubur berwarna putih yang biasa disebut bubur sumsum dan dimakan menggunakan gula merah. Tetapi ada juga jenis bubur sumsum yang disebut Cendil yang bewrwana coklat. Saat ini bubur sumsum  sudah jarang di temukan. Hanya di tempat-tempat tertentu saja yang masih ada berjualan bubur sumsum.

Ibu Sukamti seorang penjual bubur sumsum, yang berasal dari Jawa. Ia merantau ke Jakarta untuk mencari nafkah untuk anaknya, agar dapat menyekolahkan anaknya sampai kejenjang yang lebih tinggi dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Awalnya Bu Sukamti berjualan bubur sumsum karena ingin menggantikan ibunya yang sudah tua. Hampir tiga tahun Bu Sukamti berjualan bubur sumsum di Jakarta.

Bu sukamti berjualan Bubur sumsum mulai dari hari senin sampai hari minggu. Bu sukamti berjualan dengan cara mengendong bubur sumsumnya.  Walaupun ia merasa lelah, tetapi ia tetap semangat untuk menjual bubur sumsumnya. Walaupun terkadang cuaca tidak menentu, bu Sukamti tetap semangat untuk berjualan bubur sumsum. Bu Sukamti berjualan dari pukul 12:30 sampai sore hari. Lewat berjualan bubur sumsum inilah Bu Sukamti dapat menyekolahkan anaknya dan dapat menafkahi keluarganya yang berada dikampung.

Pada saat ini bubur sumsum sudah jarang di temukan. hanya ada di tempat-tempat tertentu saja. membuat bubur sumsumpun tidaklah mudah, karena dalam pembuatan bubur sumsum harus di butuhkan keterampilan yang baik agar bisa menjadi bubur sumsum yang enak dan nikmat saat dimakan. Bu Sukamti tidak mematokkan harga untuk bubur sumsum nya, dengan harga Rp. 3000 atau Rp. 5000 juga tetap bisa menikmati bubur sumsum Bu Sukmati. Dengan harga yang murah Bu Sukamti tetap semangat untuk menjual bubur sumsum, karena lewat berjualan bubur sumsum inilah Bu Sukamti dapat menyekolah kan anaknya dan dapat memenuhi kebutuhan keluarganya.

Bu sukamti menjualkan bubur sumsum ini dengan penuh semangat untuk keluarganya yang berada dikampung, dengan menggunakan resep yang digunakan  dari ibunya, untuk membuat bubur sumsum yang awalnya diajarkan oleh ibunya dan kemudian menggantikan ibunya untuk menjual bubur sumsum ini, karena kondisi ibunya yang sudah tua dan sudah tidak bisa berjalan jauh. Bu sukamti merupakan wanita dan seorang ibu yang kuat dalam menjalankan pekerjaan ia sebagai seorang penjual bubur sumsum.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s