Membahas Pick Up Gitar: Pick Up Aktif versus Pick Up Pasif

Untitled-1

Pick up adalah komponen terpenting dalam gitar elektrik. Pick up terletak pada bagian body/badan gitar.  Pick up berbahan material magnet dan tembaga yang dapat menyerap atau menangkap sinyal suara yang dihasilkan oleh senar gitar, yang kemudian keluar melalui ampli atau sound gitar.

Pick up memeliki berbagai jenis yang diantaranya seperti Humbucker, Single Coil, Trumbucker dan lainnya. Pick up memiliki dua jenis tipe yaitu pasif dan aktif. Pick up pasif langsung terhubung pada sirkuit elektronik yang terletak pada volume dan tone gitar. Sedangkan Pick up aktif harus menggunakan battery 9V untuk mengoperasikannya, jika tidak menggunakan battery 9V, maka pick up aktif tidak bisa berfungsi selayaknya pick up aktif.

Sequence 01.00_00_41_24.Still004
Pick Up Aktif

Pada karakter suara, Pick up aktif lah yang biasanya diunggulkan, karena pick up aktif menciptkan suara yang jernih dan jelas dibanding dengan pick up pasif. Pada sound clean, pick up aktif memiliki karakter yang sangat jelas dan gain yang tinggi, sedangkan pada sound distorsi, pick up aktif memiliki karakter suara yang padat dan berisi, sehingga menghasilkan suara distorsi yang sangat dahsyat pada saat kita bermain gitar dengan Style Thrash Metal.

Sequence 01.00_00_16_05.Still001
Pick Up Pasif

Pick up pasif memiliki suara yang lembut dan menghasilkan suara tone yang bulat. Kelebihan dari pick up pasif tentu saja anda tidak perlu repot untuk memasang battery 9V pada rangkaiannya. Tetapi karakter pick up pasif yang memiliki suara yang lembut dan tone yang bulat, tidak cocok untuk digunakan dalam Style Thrash Metal, karena jika gitar harus menggunakan effect distorsi, pick up pasif akan menghasilkan suara yang bulat serta tidak sejernig pick up aktif. Dampaknya akan terasa seperti suara gitar yang tidak jelas dan jernih. Tetapi jika anda mengatur antara ampli dan effect gitar dengan baik, bukan tidak mungkin pick up pasif menjadi pilihan anda.

Pada dasarnya, untuk pemilihan pick up aktif ataupun pasif, semua tergantung pada selera individu masing-masing. Tetapi saran saya, jika anda ingin memaikan gitar dengan Style Thrash Metal, maka pick up aktif lah yang menjadi pilihannya. Selain memiliki karakter suara yang jernih dan jelas, anda tidak perlu repot untuk mencari karakter suara pada effect atau pun ampli gitar anda. Tetapi jika anda ingin memainkan gitar dengan karakter suara seperti Rock, Pop dan sebagainya, silahkan anda pilih pick up pasif. Semua kembali pada selera dan kebutuhan anda masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s