Pahlawan Raya Depok

Screenshot_2017-12-04-19-05-28-54Perlahan tetapi pasti, Kota Depok kini telah menjadi salah satu kota yang mempunyai nilai kebersihan terbaik. Kebersihan ini tidak lepas dari peran – peran petugas kebersihan yaitu pasukan (oranye Depok). Dengan gigih pasukan kebersihan Depok setiap hari memyapu jalan raya Depok mulai jam 06.00 sampai dengan 11.00 dengan penuh semangat. Masing – masing pekerja kebersihan mempunyai batas wilayah nya, hal ini berguna agar ketertiban antar pekerja dapat berjalan dengan baik juga.

Pasukan kebersihan merupakan salah satu pahlawan kebersihan bagi kota Depok. Dengan adanya petugas kebersihan ini menjadikan kota depok menjadi salah satu kota yang peduli akan lingkungan sekitar. Tidak hanya menjadi pahlawan namun profesi ini membuat pengaruh yang besar bagi masyarakat yang terkadang ikut rendah hati menjaga kebersihan lingkungan nya.

Screenshot_2017-12-04-19-05-37-10

Salah satunya adalah mpok Yanti yang menjadi salah satu bagian dari banyaknya petugas kebersihan di kota Depok. Mpok Yanti sudah berprofesi menjadi pasukan kebersihan di kota Depok sejak delapan tahun lama nya, di usia nya yang berumur 55 tahun. Mpok Yanti tetap tekun semagat menjaga kebersihan dan berkeinginan menjadikan kota Depok menjadi kota yang bersih dari polusi.

Pada awalnya mpok Yanti berprofesi sebagai pemulung di kota Depok hingga sampai saat ini mpok Yanti telah menjadi salah satu anggota unit kebersihan. Petugas kebersihan atau pasukan oranye ini sangat bangga bisa menjadi pahlawan – pahlawan yang berarti untuk kebersihan bumi. Rata – rata usia pekerja pasukan kebersihan berkisaran 30 sampai 58 tahun. Akan tetapi walaupun para pekerja kebersihan mempunyai usia yang terbilang memasuki usia cukup tua, mereka tetap semangat dan melakukan pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang menyenangkan.

Mpok Yanti mengatakan bahwa pekerjaan ini merupakan suatu pekerjaan yang mempunyai dampak yang besar bagi diri nya dan banyak orang. Mpok Yanti juga mengatakan  Suka duka dalam perkerjaan menjadi seorang petugas kebersihan “tidak ada karena manfaatkan saja pekerjaan ini, yang pening saya satu sehat”

Pasukan kebersihan ini menjadikan suatu pekerjaan nya dapat berdampak bagi orang lain juga, walaupun terkadang pada saat mpok Yanti atau petugas kebersihan yang sedang beroperasi tetap saja sering terlihat orang yang membuang sampah sembarangan.

“Bila satu orang membuang sampah ditempatnya maka ada berpuluh tahun bumi akan hidup terlindung dari kerusakan”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s