Pekerjaan Unik : Sampan Harapan

Untitled

Di tengah aktivitas lalu lintas kota yang padat, sebagian besar orang menggunakan transportasi modern seperti, ojek online, mobil motor, dan berbagai kendaraan umum lainnya.  Namun tidak bagi warga pedalaman kali cisadane yang masih menggunakan sampan untuk beraktivtas menyebrang kali dari satu sisi ke sisi yang lain. Hal tersebut di jadikan kesempatan bagi Ahmad untuk mengais rezeki, berprofesi sebagai penyebrang sampan ia lakukan demi memenuhi kebutuhan. Walaupun pekerjaannya beresiko, karena harus mengarungi sungai cisadane yang di kenal luas dan kedalamannya tinggi. Hal tersebut bukan menjadi halangan bagi Ahmad

Selain ahmad, yang menjadi penyebrang sampan juga banyak , di antaranya  warga kali pasir,warga cina benteng ,warga kelurahan babakan dan warga sekitar kali cisadane. Dengan bermodalkan sampan kecil mereka dapat mengais rezeki.  Mereka kadang menggunakan sampan milik sendiri atau milik orang lain. Tarif yang dikenakan untuk sekali menyebrang yaitu 5 ribu rupiah, sebelumnya tarif yang di kenakan 4 ribu rupiah, namun karena biaya perawatan yang mahal dan rumit ,tarifnya dinaikan.

Walaupun penghasilan dari pekerjaan pendayung sampan ini tidak terlalu menjanjikan, Ahmad tetap menjalani pekerjaan ini dan mencari pekerjaan lain demi memenuhi kebutuhan. Kadang kala kondisi sungai Cisadane yang berarus deras tidak membuat Ahmad berhenti mendayung, ia tetap konsisten dalam mencari nafkah untuk ke empat anaknya. Karena bagaimanapun, ia harus tetap mengais rezeki walau anaknya sudah ada yang bekerja dan berpenghasilan.Yang menarik dari profesi ini adalah walaupun banyak yang berprofesi seperti ini di lokasi yang sama , mereka tidak berebut dalam mengambil penumpang karena mereka yakin rezeki sudah ada yang mengatur.

 

 

2 thoughts on “Pekerjaan Unik : Sampan Harapan

  1. kemarin saya habis dari ibukota..orang orang pada sibuk ya..
    itu padahal saya cuma liat di busway saja..
    ditengah2 seperti ini ternyata ada bapak bapak yang mgengayuh sampan..
    keren,,,
    btw semoga jadi jurnalis yang kece yak..

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s