Penjual Buku Keliling

s

Setiap manusia pasti membutuhkan suatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya maupun keluarganya. Setiap orang melakukan pekerjaan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, karena kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak bisa ditunda – tunda. Kebutuhan tersebut misalnya makan, minum, pakaian, pendidikan dan lain – lain.

Di zaman sekarang ini mencari pekerjaan adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan karena persaingan yang semakin kompetitif di segala bidang pekerjaan. Orang yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah serta umur yang sudah tidak produktif akan disingkirkan pertama kali dari hal pemilihan pekerjaan. Seperti hal-nya bapak Abdurohman pria tua yang masih perlu membiayai kehidupan keluarga nya untuk tetap hidup di zaman yang sangat sulit ini, ia melakukan pekerjaan yang tidak biasa orang lain lakukan. Pekerjaan seperti menjual buku keliling daerah dari Ciledug – Cengkareng – Bogor ia lalui dengan naik angkot bila ada ongkos, selanjutnya ia melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki demi menghasilkan uang dari hasil penjualannya.

Kita semua tahu bahwa untuk membeli buku di zaman yang canggih seperti saat ini adalah hal yang mudah, bisa belanja online sampai membaca buku online. Hal tersebut tidak membuat pak Abdurohman patah semangat demi memenuhi kebutuhan hidup, ia lakukan apapun asalkan pekerjaan tersebut adalah pekerjaan halal.

Jenis – jenis buku yang ia jual adalah buku tentang agama seperti buku panduan sholat, cerita nabi, asmaul husnah dan lain sebagainya. Dengan menjual buku – buku tersebut sehari pak Abdurohman hanya bisa menghasilkan uang berkisaran 300 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah belum dipotong ongkos perjalanan dan modal untuk membeli buku untuk ia jual kembali keesokan harinya. Dia membantu menghidupi 7 anak nya serta cucu – cucu-nya. dia mulai keluar berjualan dari pagi dan pulang pada tengah malam. Dia pernah berjalan kaki dengan jarak 6 Kilometer sambil menggendong buku dalam jumlah yang cukup banyak, yang tentu bukan hal yang nyaman bagi seorang pria tua yang sudah berumur lanjut.

Dari informasi yang kita baca dapat kita ambil pelajaran bahwa, kita sebagai makhluk hidup harus selalu mensyukuri kehidupan yang kita jalanani, jangan pernah mengeluh dengan kondisi kita sekarang. Karena mungkin kondisi kita yang saat ini kita keluhkan bisa jadi adalah hal yang orang lain idam – idamkan selama hidupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s