PKL Penjual Kepala Naga (Barongsai)

Kepala

Tiap negara punya kebudayaan dan adat istiadatnya masing-masing. Mengetahui etika sosial tiap negara sebelum mengunjunginya bisa membuatmu bersikap lebih sopan dan menghargai mereka. Negara cina mempunyai adat istiadatnya sendiri, dari seni keseniannya yaitu Barongsai.

Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Penjual kesenian barongsai, merupakan contoh sikap sopan santun, menghargai dan toleransi budaya Cina. Pasar sebagai tempat yang baik untuk jual beli, terlebih lagi banyak orang disana, sehingga banyak yang akan melihat budaya Cina tersebut.

Koh Asep penjual kesenian Cina yaitu kepala Barongsai, yang berada di Pasar Lama Kota Tangerang, hampir setiap sore harinya berjualan kesenian dari Cina ini, terlebih lagi jika ada event-event besar perayaan hari besar Cina.

Koh Asep

Tidak hanya kepala barongsai saja yang Koh Asep jual. Ia juga menjual beberapa perhiasahan dari negara Cina tersebut, seperti kalung, liontin dan beberapa jimat yang orang cina percayai.

Harga yang Koh Asep patok untuk setiap barangnya berbeda-beda. Untuk kepala barongsai dimulai dari harga Rp. 30.000,- sampai Rp. 130.000,- Untuk Kalung, liontin dan gelang dimulai dari harga Rp. 15.000,- sampai Rp. 80.000,-. Harga yang terbilang murah untuk pernak-pernik yang indah tersebut.

Dengan jualannya tersebut, Koh Asep bermaksud untuk bersikap sopan santun dan toleransi dengan masyarakat Cina yang ada di Kota Tangerang. Masyarakat sekitar pun banyak yang tertarik dengan jualannya Koh Asep, tidak sedikit pembeli yang datang ke tokonya tersebut.

PKL Penjual Kepala Naga (Barongsai)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s