Sampah Kreatif

Untitled

Saat ini sampah di bumi terus bertambah setiap harinya, setiap orang pasti membuang berbagai jenis sampah yang dapat didaur ulang dan tidak. Kita sebagai penghuni bumi ini harus dapat memilah sampah dengan baik agar kita senantiasa menjaga bumi ini dari dampak global warming  dan efek yang menyebabkan wabah penyakit semakin menyebar lebih luas akibat sampah yang terus tertimbun.

Berbagai cara dilakukan untuk meminimalisir sampah yang ada, salah satunya adalah munculnya pekerja kreatif yang mampu menciptakan kreasi baru yang di produksi dari sampah yang ada, dan diolah kembali menjadi sesuatu yang unik dan dapat mengurangi sampah yang ada.

Baharudin sebagai salah satu pengelola komunitas sapu pengki, yang mempekerjakan setiap orang untuk membuat sampah menjadi barang yang kreatif. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, kalimat tersebut mengungkapkan bahwa kita lebih baik mencegah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah menjadi beberapa bagian, daripada kita harus merasakan sendiri akibat dari sampah yang akan berdampak buruk bagi lingkungan maupun kesehatan diri kita.

Dampak yang begitu besar dari sekecil sampah tapi dapat merubah bumi ini menjadi lebih indah, nyaman, dan sejuk untuk dijadikan tempat kehidupan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Cara memilah sampah yang dilakukan oleh Baharudin adalah Reuse (Menggunakan kembali sampah yang masih layak pakai), Reduce (Mengurangi segala sesuatu yang dapat menambah sampah semakin banyak), dan Recylcle (Mengolah kembali sampah menjadi baranng yang lebih bermanfaat).

Dalam pekerjaan yang dilakukan ini diambil dari sisi keunikannya yaitu pembuatan miniatur vespa dari sampah bekas kaleng minuman yang biasa kita beli dipasaran. Pekerjaan ini dirasa sangatlah unik, karena selain dapat mengurangi sampah tapi kita juga dapat mengolah kreativitas dari sampah tersebut. Baharudin juga membuka untuk umum, siapapun yang ingin belajar dapat ikut bergabung di Sapu Pengki.

Ayo cintai bumi ini, kita ingin hidup lebih lama? Sayangilah lingkungan kalian agar terbebas dari segala penyakit yang dapat merusak tubuh maupun lingkungan dimana kita hidup. Satu sampah sangat berakibat buruk bagi lingkungan. Hidup bersih, sehat dan nyaman gak perlu susah loh, hanya buang sampah pada tempatnya dan kreativitas dapat dimulai dari sampah loh….

Sampah Kreatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s