4 Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Orang Tua

 

Masa muda adalah masa – masa dimana kamu sangat sering bercerita tentang masalah kamu kepada teman. Bercerita kepada teman boleh – boleh saja. Tetapi akan lebih baik jika kamu bercerita kepada orang tua kamu tentang masalahmu. Akan merasa sulit memang untuk memulai bercerita kepada orang tua, apalagi kalau hubungan kamu dan orang tua kamu tidak dekat. Tapi coba kamu jalanin 4 Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Orang Tua dibawah ini, mungkin akan merubah hubungan kamu dan orang tua kamu menjadi lebih baik lagi.

  1. Berinisiatif

Kalau kamu punya masalah atau cerita, orang yang pertama kali dengar cerita kamu siapa? Pasti teman atau pacar (kalo yang punya pacar ya. haha). Sebaiknya orang tua adalah orang yang pertama kali dengar cerita kamu, karna orang tua adalah orang yang paling mengerti kamu. Kamu harus mempunyai inisiatif bercerita terlebih dahulu, bukan menunggu orang tua bertanya kepada kamu. Orang tua juga orang yang dapat kamu percaya bisa menjaga rahasia dari cerita kamu.

  1. Luangkan Waktu Bersama Orang Tua

Iya gak sih di masa muda kamu, kamu lebih banyak menghabiskan waktu luang bersama teman – teman? Padahal setiap kamu melakukan kegiatan di luar rumah, yang kamu lakukan adalah bertemu dengan teman – teman. Disekolah atau dikampus pun kamu bertemu dengan teman – teman. Trus kapan kamu berkumpul dengan orang tua kamu? Apa hanya setelah kamu melakukan kegiatan diluar rumah?. Menghabiskan waktu bersama keluarga itu sangat penting, karna bisa membuat hubungan kamu dan keluarga kamu semakin dekat dan lebih saling mengerti lebih dalam lagi. Apalagi hubungan kamu dan orang tua kamu. Sebaiknya kamu lebih mementingkan berkumpul dengan keluarga dibandingkan dengan teman – teman.

  1. Akui Kesalahan

Mengakui kesalahan memang tidak mudah. Tetapi tidak ada salahnya kamu mengakui kesalahan yang kamu lakukan. Orang tua kamu pasti merasa bangga karna kamu mau dan berani mengakui kesalahan, walaupun pasti awalnya orang tua kamu akan marah atau kecewa saat pertama kali mendengar kamu mengakui kesalahan kamu.

  1. Bersikap Jujur dan Terbuka

Saat kamu ingin mengatakan hal – hal bohong kepada orang tua, sebaiknya kamu pikirkan lagi apa akibat kedepannya setelah kamu mengatakan itu kepada orang tua. Bercerita atau mengatakan hal – hal secara jujur dan terbuka akan memperkuat pondasi hubungan kamu dan orang tua kamu. Orang tua juga akan semakin memahami diri kamu jika kamu mengatakan hal – hal yang jujur dan terbuka.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s