Jenis-Jenis Cat Dan Kegunaannya

Sore temen-temen balik lagi ditugas digital media gue yaitu spray painting, dalam episode kali ini gue mau ngasih tau jenis-jenis dan kegunnannya masing-masing. Gambar diatas itu terdiri dari pernis,epoxy,neorever removing,cat solid, dan cat jenis PU.

Dalam proses pengecetan bila ingin hasil yang memuaskan namun dengan bidang yang sebelumnya sudah pernah di cat dan hasilnya berantakan, bias menggunakan remover seperti merek yang gue pake kali ini itu neorever. Neorever akan bekerja melunturkan cat pada bidang akrilik,besi,dll.

Lalu ada epoxy yang gunanya akan menutup bidang yang mempunyai bolong-bolong pada permukaannya atau bahasa lainnya itu bias dibilang dasaran sebelum bidang tersebut akan dicat. Namun epoxy ini akan melewati sedikit pengamplasan sebelum di cat agar permukaan bidang benear-benar halus dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Lalu ada cat berwarna solid dan cat berjenis PU,perbedaan dari kedua cat tersebut adalah warna yang ditimbulkan. Jika solid hanya warna polos biasa saja dan PU akan menghasilkan cat yang berwarna pernak-perniki seperti gliter. Bicara hasil disbanding dengan cat biasa, cat PU mampu menghasilkan yang lebih halus dan memuaskan jika dilihat.

Terakhir yaitu ada clear atau bahasa lainnya pernis, pernis bekerja melindungi cat pada bagian finishing yang akan melapisi bidang yang sudah dicat dan memberikan kilap pada bidang tersebut. Dipasaran pernis dibandrol bermacam-macam harga dengan kualitas dan banyaknya isi dari pernis tersebut, namun yang gue pake kali ini adalah pernis dengan harga 35-50 ribu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s