Kebudiluhuran & Kejujuran – Tanggung Jawab terhadap waktu

Tanggung Jawab masuk dalam salah satu ciri atau sifat dari kebudiluhuran yang harus ditanamkan di diri kita, karna tanggung jawab adalah sifat kedewasaan pada diri manusia, jika kita sudah bertanggung jawab pada sesuatu hal, maka kita sudah cukup bisa dibilang dewasa dalam menangani masalah tanggung jawab didiri kita. Pengertian tanggung jawab itu sendiri adalah kemampuan manusia dalam menerima atau menyanggupi suatu kewajiban karna adanya dorongan terhadap dirinya sendiri, Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusian mengenai dirinya sendiri. Contohnya: kita harus bisa bertanggung jawab dengan waktu yang kita lewati apakah waktu yang kita lewati bisa bermanfaat untuk kehidupan kita atau waktu itu dibuang dengan sia-sia, dengan waktu kita bisa lebih bertanggung jawab terhadap kewajiban kita menuntut ilmu, dengan kita tidak terlambat saat masuk perkuliahan, ataupun tidak terlambat dalam mengerjakan tugas yang diberi oleh dosen kita. Karna Setiap manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab, dimana rasa tanggung jawab itu harus disesuaikan dengan apa yang telah kita lakukan.Berikut ini merupakan beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :

1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu merupakan kesadaran terhadap diri kita sendiri untuk menerima segala resiko yang telah kita lakukan .

2. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga merupakan bagian dari hidup kita, setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut kepada nama baik keluarga

3. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
manusia adalah makluk sosial, oleh karna itu manusia pun tidak akan bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain, dalam kehidupan bermasyarakat kitapun harus bertanggung jawab untuk masyarakat contohnya interaksi dengan orang lain atau pun saling membantu

4. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
tanggung jawab terhadap tuhan adalah salah satu tanggung jawab yang paling penting di kehidupan kita dimana kita harus mengingat siapa pencipta manusia dan seluruh alam semesta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s