MONAS : Ceria, Nyaman dan Seru untuk Berwisata!

IMG_0132

Pada tema kali ini akan membahas tentang topik wisata Monumen Nasional (MONAS). Siapa sih yang tidak mengetahui Monumen Nasional tersebut? Monumen Nasional atau Monas merupakan sebuah ikonik dari Negara Indonesia, khususnya bagian Jakarta. Ikon yang sering disebut sebagai Monas tersebut memiliki nama tersendiri yaitu Tugu Nasional. Dalam Tugu Nasional tersebut terdapat sebuah taman atau pelataran Monas yang bernamakan Lapangan Taman Merdeka. Awal berdiri nya Monas sejak tahun 1959 yang kemudian diresmikan dalam dua tahun ke depan yaitu pada tahun 1961.

Sebelum bercerita lebih lanjut lagi, ukuran dari Tugu Nasioanal tersebut memiliki bangunan dengan ketinggian mencapai 132 meter dan berbentuk bangunan lingga yoni. Pada bangunannya itu, semua dilapisi dengan marmer. Kemudian, pada bagian ujung atas Tugu terdapat sebuah lapisan emas yang bisa di bilang memiliki bentuk seperti lidah api. Tinggi dari lidah api nya itu mencapai kurang lebih 17 meter.

Untuk waktu operasional dari Monas sendiri adalah 24 jam. Sehingga tidak ada batasan waktu untuk berwisata di area Monas. Namun, jika ingin memasuki Tugu dari Monumen Nasional tesebut bisa dikunjungi dari jam 09.00 WIB hingga jam 16.00 WIB.

Bagi untuk para pengunjung yang memarkir kendaraan nya di parkiran IRTI tidak perlu khawatir untuk kecapean karena menumpuh jarak yang lumayan jauh ke Tugu Monas nya tersebut. Karena terdapat 2 buah kereta yang dapat menampung puluhan orang untuk sampai ke Tugu Monas tersebut dengan tidak dipungut biaya sepersenpun, alias gratis.

IMG_0171

Dalam wisata Monumen Nasional ini, juga terdapat beberapa patung tokoh-tokoh dan pahlawan Indonesia. Terdiri dari Patung Dipenogoro, Patung Chairil Anwa, Patung R.A. Kartini, Patung Peringatan Ikada, dan Patung M.H. Thamrin. Tak Cuma patung saja, disini juga terdapat sebuah taman yaitu terdiri dari taman Rusa dan taman Refleksi.

Dalam area pelantaran Monas pun terdapat beberapa lapangan yang tidak cukup besar, namun bisa memberikan kesenangan jika digunakan bersama-sama. Tedapat lapangan futsal, basket dan juga volly. Banyak anak muda yang menggunakan laprangan tersebut untuk olahraga pada pagi dan sore hari. Akses untuk menuju Monumen Nasional tersebut sangatlah mudah, karena sudah terdapat banyaknya transportasi umum yang menuju ke daerah sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s