Motif-Motif Batik Betawi Terogong (Part 1)

Yang kita tahu, batik biasanya berasal dari Pekalongan, Solo atau Jogjakarta. Namun Jakarta juga memiliki batik dan pesonanya sendiri. Pada Batik Betawi Terogong, memiliki  beberapa macam-macam motif yang unik dan menarik untuk kita ketahui. Dan beberapa motifnya akan diulas berikut ini:

  1. Motif Ondel-ondel

Motif ini diangkat dari figur Ondel-ondel sebagai ikon seni tradisi Betawi. Motif Ondel-ondel digunakan pada acara-acara adat Betawi. Ondel-ondel sebenarnya digunakan sebagai boneka untuk penolak bala atau menolak kesialan.  Motif Ondel-ondel ini dibuat untuk mendapatkan kehidupan yang damai, tenteram dan berharap dapat jauh dari bencana.

Saat pentas, Ondel-Ondel tampil berpasangan. Masyarakat Betawi mempercayainya sebagai bentuk keseimbangan antara kekuatan baik dan buruk. Wajah Ondel-Ondel laki-laki dicat  warna merah, matanya melotot dengan kumis dan senyuman menyeringai. Kemudian wajah Ondel-Ondel perempuan dicat warna putih. Ondel-Ondel perempuan memiliki mata yang besar, namun tidak melotot. Senyumnya manis dengan riasan gincu. Dianggap sebagai simbol kekuatan baik dan kesucian.

ondel2
Motif Ondel-Ondel

2. Motif Ondel-Ondel dan Tanjidor

Motif ini maksudnya, gambar Ondel-ondel yang dipadukan dengan gambar Tanjidor. Tanjidor adalah sebuah kesenian Betawi yang berbentuk orkes. Alat musik mirip terompet yang merupakan alat musik khas Betawi. Namun salah satu musik tradisional Betawi ini sekarang sudah mulai jarang ditemukan. Dalam Tanjidor , alat-alat musik yang dimainkan kebanyakan adalah alat musik tiup, antara lain trombone, klarinet, seksofon, dan piston. Lalu mengapa Batik Betawi Terogong membuat motif ini? Karena Ondel-ondel dan Tanjidor adalah sebuah kekhasan dari Betawi.

ondel tanjidor
Motif Ondel-Ondel dan Tanjidor

3. Motif Bunga Tapak Dara

Motif ini terinspirasi  saat Ibu Siti Laela melihat bunga tapak dara saat sedang jalan-jalan, kemudian hal ini menarik perhatian ibu Laela, karena bunga tersebut terlihat cantik dan dirasa bagus untuk dijadikan motif.

tapkdr
Motif Bunga Tapak Dara

4. Motif Buah Cermai

Buah Cermai adalah buah yang yang memiliki rasa asam. Daun dari buah cermai ini mempunyai bentuk yang kecil-kecil dan tidak memiliki banyak ranting. Motif buah cermai terinspirasi karena pohon cermai  pernah ada di Kampung Batik Betawi Terogong.

cermai
Motif Buah Cermai

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s