Museum Nasional

IMG_20171203_164543

Membahas tentang museum sejarah, tentunya Museum Nasional dapat dijadikan salah satu destinasi wisata anda, Di museum seluas 26.500 m2 ini terdapat 141.000 benda bernilai sejarah  yang terdapat di Gedung A dan Gedumg B. Gedung A adalah gedung lama yang dulu dikenal sebagai Gedung Gajah, karena di halaman depannya ada patung gajah yang terbuat dari perunggu, hadiah dari Raja Rama V dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum tahun 1871.

Sedangkan Gedung B terdiri dari 7 lantai, 4 lantai di antaranya untuk museum, yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 20 Juni 2007. Lantai lainnya digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain. Benda-benda museum terdiri dari beberapa kelompok, seperti taman arkeologi, pra sejarah, rumah adat, manusia dan lingkungan, ilmu pengetahuan dan teknologi, organisasi sosial, dan khazanah emas.

IMG-20171203-WA0000

Museum Nasional memiliki lebih dari 140.000 koleksi, diantaranya keramik asing, arkeologi, koleksi prasejarah, kolonial etnografi, geografi, keramik asing, dan lainnya. Sebagian besar dari koleksi ini berasal dari peninggalan masa pemerintahan Belanda. Serta diperoleh mellaui ekspedisi militer, ekspedisi ilmiah, Zending, Hadiah, serta hasil pembelian. Selain itu museum ini juga memiliki ruang miniatur rumah adat dan galeri tekstil yang juga sangat menarik.

IMG_20171203_163303

Museum Nasional memiliki arsitektur yang elegan. Diadopsi dari arsitektur Eropa, museum ini memiliki desain yang klasik dan menarik. Museum ini memiliki sejarah yang panjang dan merupakan museum yang pertama ada di Indonesia serta terbesar di Asia Tenggara.

Museum Nasional menarik bayaran bagi setiap pengunjung yang relatif murah, yakni Rp 5.000 per orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Tapi kalau datang dalam satu rombongan minimal 20 orang, hanya Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Khusus turis asing dikenakan tarif Rp 10.000 per orang. Museum dibuka setiap hari (kecuali Senin dan hari besar resmi) dari jam 08.00 sampai 16.00. Khusus di hari Sabtu dan Minggu ditutup jam 17.00.

Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.

Dengan berkunjung ke museum ini tentunya kita dapat melihat dan mengetahui tentang peninggalan-peninggalan ini selain anda memanjakan mata dengan keindahan dan keunikannya anda juga dapat memperluas pengetahuan mengenai salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s