Nilai Sastra Dalam Musikalisasi Puisi

bukti

Tak banyak yang tahu nilai nilai sastra yang terkandung di dalam musikalisasi puisi. Bukan hanya itu, sedikit sekali orang yang menyukai puisi. Mereka menganggap membaca puisi itu membosankan, apalagi dengan bahasa yang tidak mudah dimengerti oleh orang awam. Sebenarnya, nilai sastra bisa kita temukan dengan mudah di setial bait-bait puisi yang di musikalisasikan. Secara garis besar, kita harus memahami bait demi bait yang dinyanyikan. Langkah sangat awalnya ialah kita harus menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, kita akan mudah memahami bait-bait yang terangkai menjadi sebuah kalimat.
Perhatikan bait yang di nyanyikan, sangat berbeda dengan lirik lagu pada umumnya, karena lirik yang terdapat di dalam musikalisasi puisi sangatlah istimewa. Berawal dari memahami per-bait, kita jadi mudah mengerti bait-bait selanjutnya. Makna dari bait tiap bait yang ada di musikalisasi puisi bisa teruntuk orang yang kita cinta, kasih sayang terhadap sesama, perjuangan, kehidupan, dan alam. Karena karya sastra itu biasanya tentang kehidupan yang pernah dialami maupun yang sedang dijalani.

Bait-bait yang di musikalisasikan mempunyai makna dibalik kata. Liriknya pun tidak mudah untuk dipahami. Karena, liriknya menggunakan kalimat perumpamaan. Kalimat perumpamaan ialah kata ganti yang menggunakan kata tidak umum, itulah istimewanya musikalisasi puisi. Bagi orang yang menyukai bahasa sastra, bait-bait puisi yang di musikalisasikan mempunyai arti yang sangat luar biasa. Karena dari makna-makna tersebutlah kita bisa sedikit tahu bagaimana cerita hidup si pembuat puisi yang di musikalisasikan tersebut.

Memahami bait-bait yang ada di musikalisasi puisi akan terasa mudah jika kita sering mendengarkannya, karena memahami bait-baitnya tidak cukup didengarkan hanya satu kali. Banyak orang yang tidak terlalu suka dengan musikalisasi puisi, karena mereka menganggap kata dan bahkan kalimat dari bait demi baitnya sulit dimengerti. Sebenarnya tidak, karena musikalisasi puisi menggunakan iringan yang tepat dan hal itu membuat kita nyaman untuk mendengarkan dan bahkan memahami artinya. Silahkan mencoba, kalian para jiwa muda. Hargai karya sastra Indonesia!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s