Perawatan Burung Kenari (Canary)

IMG20171201110730_1[1]

Saya akan memberikan tips perawatan burung kenari. Burung kenari merupakan burung yang sangat populer di kalangan kicaw mania karena suaranya yang merdu dan keindahan warnanya yang unik.

Screenshot_2017-12-05-22-21-13-37

Tahap pertama yang harus dilakukan pengembunan pada pukul 05.30, pengembunan dilakukan untuk memberikan kehidupan di alam liar. Karena burung kenari saat pagi hari sangat senang berkicaw. Lalu perhatikan kebersihan kandang burung tersebut, agar burung tetap sehat.

Screenshot_2017-12-05-22-20-57-11

Tahap kedua mengecek/mengganti pakan dan minumnya, tidak lupa untuk memberikan sayur-sayuran seperti sawi agar burung kenari tetap gacor. Cukup memberikan sayuran 2 kali dalam seminggu. Pakan yang di berikan untuk burung kenari adalah biji-bijian (canary seed), tapi ada juga yang memberikan pakan dengan racikan yang di buat sendiri oleh sang pemilikya. Berikan juga vitamin burung yang ada di toko burung, agar burung tetap vit walaupun cuaca sedang buruk (musim hujan)

Screenshot_2017-12-05-22-20-31-20

Tahap ketiga mandikan burung, (siapkan kramba berisi air bersih atau disemprot dengan semprotan) semua tergantung pada kebiasaan si burung tersebut. Jadi lakukan semana mestinya seperti awal perawatan yang biasa dilakukan.

Screenshot_2017-12-05-22-20-18-12

Tahap ke empat menjemur burung, penjemuran untuk burung kenari tidak perlu memakan waktu yang lama, cukup menjemur selama 2 jam setiap harinya. Setelah di jemur angin-anginkan burung sebentar di tempat yang adem. Lalu masukan kembali ke dalam rumah, bisa juga di gantungkan di luar yang terjangkau agar kita bisa melihat burung itu,

Untuk perawatan menjelang lomba perlu diingatkan kembali settingan burung tergantung pada kebiasaan yang kita berikan. Settingan/perawatan yang dilakukan Fariz H-7 sebelum lomba tingkatkan penjemuran yang tadinya 2 jam menjadi 3 jam. Setelah penjemuran angina – anginkan burung di tempat yang adem, lalu krodong burung dan gantungkan ke dalam rumah. Lanjutkan hingga H-2 dan H-1 sebelum lomba berikan sedikit kroto dan sawi putih untuk menaikan birahi burung. Sekian tips perawatan burung yang bisa saya berikan semoga bermanfaat untuk para kicau mania yang memelihara burung kenari terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s