Bentuk-bentuk Tas dan Perbedaannya

Ketika mencari tas baik secara online atau langsung di toko, kita pasti sering menemukan istilah-istilah yang membedakan jenis-jenis tas. Atau sebaliknya, kita mungkin kesulitan mencari dan menemukan tas yang di cari karena kita tidak tahu apa nama dari jenis tas yang di cari.

Ada banyak tas yang dibuat berdasarkan bentuk dan ciri khas. Seiring perkembangannya, saat ini tas memiliki banyak variasi mulai dari bentuk, warna, model serta istilah nama dari banyaknya jenis tas tersebut. Jadi, sebelum kita mencari jenis tas yang ingin dicari, tidak ada salahnya mengenali jenis-jenis tas serta ciri khas dan bentuknya.

Berikut beberapa perbedaan bentuk tas :

1.Tas Ransel (Backpack/Rucksack)

Tas ransel merupakan sebuah tempat yang biasanya kita pakai di punggung serta memiliki dua buah tali yang memanjang kemudian melingkar ke bahu. Tas ini berfungsi untuk membawa barang-barang dalam jumlah yang banyak. Tas ini bisa digunakan dalam berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, sekolah dan profesi lainnya.

DSC_0027.JPG

Beberapa orang menyebut tas ransel adalah tas rucksack, dan ada juga yang menyebut tas backpack. Sebenarnya, tas backpack dan rucksack merupakan jenis tas yang sama yaitu tas ransel, namun dari kedua istilah tersebut, masing-masing memiliki perbedaan. Perbedaanya terletak di penutupnya. Jika tas backpack memiliki resleting sebagai penutupnya, berbeda dengan tas rucksack yang memiliki tali serut pada penutupnya.

2.Tas Selempang (Messenger/Sling Bag)

Tas selempang atau yang dikenal dengan sebutan sling bag merupakan tas versi kecil dari tas mesenger atau disebut juga tas kurir. Tas ini memiliki ukuran tali yang panjang dan melingkar ke samping. Tas ini memiliki istilah/nama sendiri, yaitu tas messenger dan sling bag.

DSC_0025.JPG

Dari kedua istilah tersebut, memiliki perbedaan tersendiri. Yaitu, messenger bag merupakan tas yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Memiliki ukuran yang besar dan bisa menampung barang lebih banyak, dan rata-rata messenger bag ini digunakan dengan cara di jinjing, namun sekarang banyak messenger bag yang digunakan dengan cara diselempang. Sedangkan, sling bag adalah tas berbentuk persegi atau persegi panjang namun dengan ukuran yang lebih kecil dari messenger bag.

3.Clutch Bag/Envelope Bag

Clutch bag merupakan jenis tas yang ukurannya lebih kecil dari handbag. Tas ini tidak memiliki tali seperti sling bag, sehingga digunakan dengan cara digenggam seperti dompet wanita. Hanya saja ukurannya yang lebih panjang.

DSC_0024.JPG

Beberapa orang menyebut clutch bag sebagai envelope bag, padahal kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Sama hal nya dengan backpack dan rucksack yang memiliki perbedaan dari segi penutupnya. Jika beberapa clutch bag memiliki resleting pada penutupnya, maka envelope bag memiliki penutup dengan bentuk yang mirip seperti amplop. Walaupun memiliki istilah yang berbeda, tas ini menjadi tas yang populer dikalangan wanita.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s