JAMU CEKOK WARISAN BANGSA

Screenshot_2017-12-11-03-29-32-886_com.miui.videoplayer

Jamu merupakan obat tradisional khas Indonesia yang masih popular hingga saat ini. Banyak sekali macam-macam jamu yang ada di Indonesia, yang memiliki khasiat berbeda-beda. Salah satu jenis jamu yang ada di Indonesia ialah Jamu Cekok. Jamu ini diperuntukan untuk balita. Serta salah satu manfaat dari jamu cekok adalah untuk menumbuhkan nafsu makan para balita yang meminumnya. Dan biasanya para ibu-ibu Indonesia yang ingin anak-anaknya memiliki nafsu makan tinggi, memberikan Jamu Cekok Terhadap anaknya

Jamu Cekok merupkan obat legendaris khas Indonesia. Salah satu tempat pengobatan balita terkenal di daerah Ciledug dan menggunkan Jamu Cekok sebagai obat dari pengobatan tersebut yaitu pengobatan pijat balita Alm. Hj. Raya yang terletak di belakang Masjid Agung Ciledug. Tempat pengobatan ini hanya buka di hari jumat saja, dan di buka dari pagi hingga menjelang sholat Jumat saja. Walaupun hanya dibuka pada hari jumat saja, tempat pengobatan ini ramai pengunjung, yang dating dari berbagai daerah.

Screenshot_2017-12-11-03-26-09-923_com.miui.videoplayer

Biasanya para orang tua yang mengobati anaknya kepengobatan ini, agar anak-anaknya memiliki nafsu makan yang tinggi dan jauh dari penyakit. Biasanya pengobatan di sini sebelum  anak-anak di berikan Jamu Cekok, para pasien di sini dipijat terlebih dahulu lalu setelah itu diberikan Jamu Cekok sebagai pelengkap pengobatan disini.

Uniknya lagi pada pengobatan disini ialah mengenai patokan harga, pengobatan disini tidak menggunkan tarif harga untuk pembayarannya, tetapi pengunjung membarnya seikhalasnya tanpa di patokan harga.

Kini pengobatan Alm. Hj, Raya dipegang oleh anaknya ialah ibu Wati. Biasanya balita yang datang ke pengobatan ini, sebelum diberikan Jamu Cekok diurut terlebih dahulu oleh ibu Wati, lalu setelah itu barulah di beri Jamu Cekok

IMG_20171211_032821

Selain dipercaya mengembalikan nafsu makan anak, jamu cekok juga bisa mengobati cacingan, batuk, sawan, pilek, dan demam. Lalu mengapa dinamakan cekok? Dinamakan jamu cekok karena warung menjadi tujuan ibu-ibu muda yang membawa anak-anaknya untuk dicekok dengan jamu. Cekok sendiri merupakan istilah yang dalam bahasa Jawa merujuk pada cara pemberian jamu dengan mengucurkan langsung ke dalam mulut.

Screenshot_2017-12-11-03-31-20-193_com.miui.videoplayer

Jamu Cekok dipakai oleh para ibu sebagai pengganti obat medis. Walaupun harganya murah tapi Jamu Cekok memiliki segudang khasiat yang dimilikinya. Jamu Cekok adalah salah satu dari ratusan obat tradisional yang ada di Indonesia. Jamu Cekok dari dahulu hingga sekarang di percaya oleh ibu-ibu Indonesia sebagai obat alami penambah nafsu makan, dan lain sebagainya.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s