Khasiat Daun Binahong

binahong

Binahong merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh dimana saja. binahong ini tumbuh merambat, tidak memiliki batang dan pertumbuhannya mengikuti sinar matahari. Binahong memiliki bentuk daun yang melengkung dengan bentuk bagian yang dekat dengan batang menyerupai hati.

Tanaman ini banyak memiliki berbagai khasiat yang sangat bermanfaat untuk menyembuhakan berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan maupun berat. Tidak hanya di Indonesia saja, tanaman binahong ini dapat ditemukan di berbagai Negara, seperti Cina, Madagaskar, dan Korea. Di Cina daun binahong ini sudah sangat sering digunakan untuk obat dalam maupun obat luar yang dikaji dalam bentuk teh. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia, tetapi hanya sebagian orang saja yang tahu apa manfaat dari tumbuhan ini, baru akhir-akhir ini lah tanaman ini menjadi obat alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Untitled

Manfaat yang dihasilkan dari daun binahong ini banyak sekali, tidak hanya untuk kesehatan , tetapi daun binahong ini dapat digunakan untuk obat kecantikan seperti mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, mengecilkan pori-pori atau menghilangkan flek hitam.

Di jaman yang modern ini, masih banyak masyarakat yang masih menggunakan daun binahong in, karena banyak khasiatnya dan sudah terbukti. Salah satunya Yayah, ia menggunakan tumbuhan binahong ini sudah lama sekali dan sampai sekarang ia masih memilih daun binahong sebagai obat yang digunakannya.

Menurut Yayah khasiat dari binahong itu sendiri dapat menurunkan panas, demam, dan sakit gigi. Tapi, selain itu masih banayak lagi khasiat dari daun binahon bagi kesehatan seperti, gangguan maag, gatal-gatal, luka bakar, meredakan kolesterol, mengurangi asam urat, memar, pegal linu dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam daun binahong ini.

Yayah sendiri memilih daun binahong sebagai obat, karena binahong ini dapat kita temukan dimana saja, karena tumbuhan ini liar dan dapat tumbuh dimana saja, serta tumbuhan ini alami dan tidak mengandung zat kimia buatan. Tetapi tanaman ini mengandung unsur kimia alami. Dan daunnya pun memiliki antioksidan alami dan antivirus yang cukup tinggi.

Cara menggunakan atau cara mengolah tumbuhan ini sebagai obat banyak sekali cara penyajiannya, tergantung dari jenis penyakit yang dideritanya. Biasanya daun ini diolah dengan merebus daun binahong dengan air, lalu diminum. Atau bisa juga dengan cara meremas-remas atau menumbuk daun binahong ini lalu ditempelkan pada luka (untuk luka luar seperti luka borok, memar, bengkak, luka bakar dan sebagainya). Dan untuk kecantikan, dengan cara meremas-remas daun binahong samapai keluar air, lalu air itu dioleskan pada wajah secara merata, diamkan kurang lebih selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s