Manfaat ASI untuk Kesehatan Bayi

VID20171210164729.00_00_04_00.Still001

Bayi adalah makhluk hidup yang dilahirkan dari seorang ibu yang sangat tangguh dalam mempertaruhkan nyawanya untuk mengandung dan melahirkan seorang bayi ke Dunia ini. Bayi yang lahir ke dunia ini harus mendapatkan kecukupan nutrisi demi perkembangannya ke depan. Nutrisi sangat diperlukan bagi bayi untuk menunjang kesehatan dan kekebalan tubuh si bayi.

Dalam perkembangannya, nutrisi yang didapatkan bayi berasal dari ASI seorang ibu. ASI atau singkatan dari air susu ibu adalah salah satu cara ibu untuk memberikan nutrisi serta gizi untuk buah hatinya yang belum bisa untuk menerima makanan berat seperti nasi dan bubur bayi sekalipun. ASI adalah salah satu makanan dan sealigus minuman yang paling sehat dan alami bagi tumbuh kembang bayi, karena ASI mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi yang tinggi dibandingkan dengan susu formula.

Seorang ibu bernama Euis sudah merasakan apa manfaat dari ASI itu sendiri untuk anaknya. Menurutnya, ASI sangat mengandung vitamin, nutrisi dan lemak yang dapat mempercepat tumbuh kembang bayi dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

GAMBAR 2

Pada umumnya, ASI yang diberikan untuk bayi memiliki beberapa manfaat serta keuntungan untuk bayi yang mengkonsumsinya. ASI sangat bermnafaat untuk kekebalan tubuh seorang bayi, bayi yang eksklusif meminum ASI selama 6 bulan sangat jarang terserang risiko penyakit. Karena, ASI akan melawan segala bakteri dan virus-virus yang ada dan membuat antibodi seorang bayi lebih kuat. ASI juga merupakan asupan makanan yang terbaik untuk bayi, karena ASI adalah makanan dan minuman paling aman dan sehat untuk dikonsumsi bayi yang baru lahir. Dan ASI adalah ekonomis, karena kita tidak perlu lagi membeli susu formula yang belum tentu kandungan gizinya seimbang untuk tumbuh kembang seorang bayi. Serta banyak sekali manfaat-manfat lain dari ASI yang diberikan oleh ibu untuk bayi.

Tidak hanya untuk bayi ternyata ASI juga mempunyai manfaat tersendiri bagi ibu yang memberikan ASI kepada bayinya. Seorang ibu  yang memberikan ASI kepada bayinya juga akan cepat pulih dari masa persalinan yang dijalani,  karena menyusui bayi setelah lahir akan mendorong terjadinya kontraksi rahim yang dapat mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula.

“Selain berguna untuk bayi, berguna juga untuk ibu menyusui yaitu mempercepat pemulihan setelah persalinan dan juga sangat praktis dan ekonomis” Kata Euis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s