Manfaat Daun Singkong Bagi Pencernaan

manfaat daun singkong.Still002

Tanaman singkong memang cukup terkenal di Indonesia. Umbinya dapat dijadikan sebagai bahan makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Umbi singkong dapat dijadikan berbagai hidangan yang lezat dan enak. Tidak hanya rasanya, tanaman singkong juga memiliki banyak khasiat dan manfaat. Bukan hanya umbinya saja yang dapat memberikan manfaat sebagai bahan makanan pokok. Daun singkong pun, mempunyai manfaat serta khasiat yang cukup banyak. Daun singkong dapat membuat tubuh manusia semakin sehat bila mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Daun singkong memiliki banyak kandungan gizi, seperti sejumlah kandungan kalori atau energi. Kalori dalam daun singkong adalah sebesar 73 kilo kalori. Kemudian daun tanaman ini juga memiliki protein, karbohidrat, kalsium, serta kandungan vitamin A, B, dan C. Sedangkan untuk tahap penelitian saat ini telah ditemukan bukti bahwa kandungan dari daun singkong memiliki kadar anti bakteri terhadap sigella yang merupakan bakteri penyebab diare. Selanjutnya daun singkong juga bisa menjadi anti peptisida terhadap larva Aides Aegepty. Tidak hanya itu, daun singkong juga memiliki kadar anti oksidan serta mempunyai potensi sebagai anti kanker.

manfaat daun singkong.Still001

Meski daun singkong memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi, tetapi terdapat kandungan yang merugikan kesehatan manusia bila dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan tersebut adalah anti nutrien seperti oksalat atau saponin, dan juga memiliki kandungan glukosida sianosit yang nantinya bisa berubah menjadi zat sianida yang merugikan di dalam tubuh. Kadar sianida itu sangat berbahaya bagi tubuh bila telah mencapai 1 mg/kg berat badan perharinya.

Selain berbagai kandungan, manfaat, dan kerugian dari daun singkong yang sudah dijelaskan, daun singkong masih mempunyai khasiat lain bagi tubuh manusia. Daun singkong memiliki serat yang cukup banyak, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Namun, karena daun singkong memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh seperti glukosa sianosit. Maka daun singkong harus diolah secara benar, dan juga daun singkong harus dikonsumsi sesuai dengan batas aman dari tubuh agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan bagi kesehatan tubuh. Daun singkong ini juga sangat baik untuk dijadikan bahan makanan saat diet.

Daun singkong sendiri dapat kita jadikan makanan seperti lalapan pendamping sambal dan nasi. Rasanya yang tidak pahit ketika dikonsumsi menjadikan daun singkong sebagai alternatif untuk melancarkan pencernaan bagi sebagian orang.

 

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s