Membahas Amplifier Gitar

Untitled-1

Amplifier gitar adalah sebuah perangkat keras elektronik yang dapat disambungkan keperangkat gitar elektrik, yang kemudian akan menghasilkan bunyi yang dikeluarkan oleh sound yang juga disambungkan ke perangkat amplifier. Amplifier ditemukan pada tahun 1920-an yang kemudian dikembangkan sampai tahun 1940 tercipta amplifier gitar pertama yang berbentuk Combo amplifier dan seiring perkembangannya banyak tercipta jenis-jenis amplifier.

Amplifier sendiri memiliki 2 (dua) jenis model yaitu, Combo-amplifier dan Head Cabinet-amplifier. Pada jenis Combo-amplifier berbentuk kotak persegi, komponen amplifier dan sound langsung menyatu dalam satu bentuk persegi. Sedangkan pada jenis Head Cabinet-amplifier, bagian Head amplifier terpisah dengan Cabinet soundnya.

Sequence 01.00_00_17_12.Still003

Pada hakikatnya, kedua jenis amplifier tersebut sama-sama bisa menghasilkan bunyi dari gitar elektrik dengan tambahan effect-effect di dalamnya. Tetapi, tentu saja keduanya memiliki tantangannya tersendiri dalam menemukan sebuah bunyi atau sound yang kita inginkan. Pada jenis Head Cabinet-amplifier, kita dapat mememukan sound atau bunyi yang kita inginkan. Selain memiliki empat speaker di dalam Cabinetnya, Head atau kepala amplifier bisa diganti dengan yang lainnya jika tidak sesuai dengan harapan kita. Empat speaker yang ada di dalam Cabinet, dapat mengeluarkan suara lebih keras dan jangkauannya luas. Dengan terpisahnya antara Head dan Cabinetnya, amplifier jenis Head Cabinet-amplifier juga dapat menambah daya suara yang akan dikeluarkan melalu Cabinet atau speakernya. Misalnya, kita menggunakan tiga buah Head amplifier, kita bisa menggandakan jumlah Cabinetnya menjadi enam Cabinet atau bahkan lebih. Contohnya bisa kita lihat pada konser band-band Thrash Metal besar seperti Slayer, Megadeth, Anthrax dan lainnya.

Sequence 01.00_00_27_07.Still002

Pada jenis Combo-amplifier, amplifier gitar yang satu ini hanya memiliki paling banyak dua buah speaker pada Cabinetnya dan tidak bisa ditambah atau dikurangi, karena amplifier dengan cabinetnya menyatu dalam satu ukuran persegi. Tetapi dengan ukurannya yang lebih kecil dan praktis, amplifier gitar jenis ini dapat dengan mudah dibawa saat berpergian. Jika dipakai untuk panggung ukuran besar, Combo-amplifier harus disambungkan ke sound panggung agar suara yang dihasilkan dapat terdengar dengan jangkauan luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s