Operasi Katarak

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang.

Katarak adalah lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total. Katarak biasanya berlangsung perlahan-lahan  menyebabkan kehilangan pengelihatan dan berpotensi membutakan jika katarak terlalu tebal.

Dikutip dari http://www.depkes.go.id Penyebab utama kebutaan di Indonesia adalah katarak (7080%). Sedangkan penyebab utama gangguan penglihatan adalah kelainan refraksi (1015%). Menurut data dari Rapid Assessment of Avoidable Blindness yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI, penyakit katarak meningkat 0,1 persen, atau sekitar 250 ribu orang pertahun.

Gangguan penglihatan dan kebutaan merupakan masalah kesehatan masyarakat yang perlu ditangani dengan sungguh-sungguh oleh Pemerintah bersama masyarakat. Selain itu, gangguan penglihatan dan kebutaan dapat mempengaruhi kualitas hidup dan produktifitas masyarakat Indonesia.

Ciri-ciri penyakit mata Katarak:

  1. Penglihatan Mata menjadi silau

Mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu.

  1. Melihat cincin di sumber cahaya

Apabila mata sudah melihat ada banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata yang terkena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya.

  1. Pandangan mata mulai kabur

Penderita katarak biasanya merasakan penglihatan mulai kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lainnya.

  1. Penglihatan mata menguning

Seseorang yang terkena ciri-ciri mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

  1. Pandangan mata keruh atau berkabut

pak sulaiman

“mata seakan-akan kayak rabun, kita melihat benda itu kayak lihat kabut, ya jadi tidak jelas, tidak jernih matanya. Nah itu sih katanya tanda-tandanya mungkin pertama dari keturunan, yang kedua mungkin dari kotoran, debu, yang ketiga mungkin pernah kena benda, kebentur benda gitu. Dari dokter sih, seperti itu.” Ungkap Sulaiman yang merupakan salah satu Pasien Operasi Katarak.

Jika penyakit Katarak sudah akut atau kronis, satu-satunya penyembuhan katarak adalah dengan operasi katarak. Dalam operasi katarak, lensa yang keruh akan diangkat dan digantikan dengan lensa plastik bening. Operasi tersebut biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal agar mata menjadi mati rasa. Usai operasi, dokter umumnya akan menganjurkan penggunaan dua jenis obat tetes mata. Obat tetes yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi dan yang mengandung steroid guna mengurangi pembengkakan.

“Operasinya sekitar 10-15 menit. Ya kalo dibilang cepet sih, Alhamdulillah. Prosesnya, kita ditutup matanya lalu dikayak semacem dikorek gitu.” Ucap Sulaiman.

Operasi Katarak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s