POLA HIDUP SEHAT DENGAN MENGURANGI KADAR KOLESTEROL DALAM TUBUH 


Saat ini banyak sekali makanan-makanan yang mengandung lemak berlebih, terutama pengolahan yang banyak sekali menggunakan minyak dan minyak tersebut sudah berulang kali dipakai untuk pengolahan makanan tersebut. Justru dengan kehadiran makanan-makanan yang tidak sehat tersebutlah banyak sekali orang-orang yang malah menyukainya, dikarenakan murah dan terasa enak-enak saja padahal mereka tahu bahwasannya makanan tersebut tidaklah higienis dan banyak mengandung penyakit.

Dalam tubuh manusia memanglah dibutuhkan yang namanya Kolesterol tetapi dengan batasan yang normal. Kolesterol itupun berarti sebuah senyawa lemak berlilin yang sebagian besarnya lemak tersebut diproduksi di dalam hati dan yang sebagian lainnya didapatkan dari makanan yang manusia konsumsi. Artinya, apabila manusia mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih maka dapat beresiko kadar kolesterol di dalam tubuhnya tersebut meningkat atau sangatlah tinggi.  Sebuah kondisi apabila kolesterol tersebut tinggi dapat pula meningkatkan terkenanya penyakit yang serius, diantaranya yaitu adanya pengendapan kolesterol berlebihan di dalam pembuluh darah seperti penyakit stroke dan penyakit jantung yang bisa menyerang kapan saja apabila sudah meningkatnya kolesterol dalam tubuh. 


Irma lailiyah salah satunya, perempuan yang masih berusia 26 tahun ini sudah mengalami kolesterol yang angkanya mencapai 280 kadar kolesterol dalam tubuhnya tersebut. Irma merasakan sakit kepala yang terus-menerus dalam hari-harinya yang diakibatkan oleh kolesterol yang berlebih tersebut. Ia sangat tidak nyaman dengan penyakitnya tersebut, dan setelah memeriksakannya ke dokter memang benar bahwa ia mengalami peningkatan kolesterol yang sangat tinggi dalam tubuhnya tersebut. Hal ini lah yang membuantnya menyesal, karena ia memang suka sekali dalam mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan kurangnya mengkonsumsi air mineral. Terlebih lagi ia memang jarang sekali melakukan olahraga, dimana olahraga tersebut bisa membakar lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuhnya tersebut, sehingga kadar kolesterol yang ada pun sedikit demi sedikit menurun dan membaik. 

Memiliki pola hidup yang sehat memanglah sangat diperlukan untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh manusia tersebut. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang itu salah satunya langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol yang sudah meleibihi batas tersebut dan mencegah pula kolesterol tersebut meningkat. Mengganti makanan yang mengandung lemak jenuh menjadi mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, serta biji-bijian. Perlu juga melakukan olahraga yang cukup serta mengkonsumsi air mineral minimal 2 liter setiap harinya.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s