Si Pahit Kaya akan Manfaat

IMG_1102

Jamu  memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita dikarenakan menggunakan rempah-rempah alami dan tumbuh-tumbuhan alami, diantaranya yaitu Jamu pahitan atau brotowali.

Brotowoli adalah sebuah jamu yang terkenal  akan manfaat dan khasiat yang dimilikinya untuk kesehatan. Namun juga memiliki rasa kadar pahit yang tinggi sehingga seseorang berfikir untuk meminumnya.

Tanaman Brotowali merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sudah terkenal sejak dulu untuk digunakan sebagai tanaman obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini biasanya tumbuh di perkarangan rumah.

IMG_1087

Ciri dari tanaman ini yaitu tanaman perdu yang merambat, tanaman tersebut memiliki tekstur batang yang agak kasar dan lebih cenderung berbintil. Selain itu, bagian dari batangnya memiliki rasa pahit, namun rasa pahit inilah yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Brotowali termasuk sebagai salah satu jenis tanaman dengan daun tunggal dengan daun yang bunganya berwarna hijau.

Brotowoli yang terkenal mengandung kandungan Zat Pikrotein yang mempunyai kegunaan untuk membantu menstimulasi bagian kerja urat saraf dan juga untuk membantu mengoptimalkan alat pernapasan.

Adapun bagian dari tanaman ini yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu adalah bagian batang dan daunnya. Kedua bagian tersebut biasanya direbus, dan akan menghasilkan rasa yang pahit. Dan dalam istilah jawa, jamu brotowali dikenal dengan istilah jamu pahitan.

Brotowali memiliki manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya :

  1.  Brotowali memiliki manfaat atau khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya Membantu penyembuhan luka
    Brotowali mengandung Alkaloid Barberin dan Columbia yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada luka.
  1. Mengobati diabetes
    Brotowali memiliki sifat Antidiabetik, yaitu membantu mengontrol gula darah. Cara pengobatannya yaitu dengan mengkonsumsi ramuan rebusan batang brotowali.
  1. Menurunkan Demam
    Brotowali memiliki kandungan Antipiretik dan Analgesik yang mampu membantu untuk menurunkan demam, cara pengobatannya yaitu dengan mengkonsumsi ramuan rebusan batang brotowali.
  1. Mengobati diare
    Untuk mengatasi gangguan diare, mengkonsumsi air rebusan brotowali secara rutin dipercaya mampu membantu meredakan keluhan diare, karena brotowali memiliki efek menghentikan pertumbuhan Salmonella Typhi yaitu bakteri penyebab diare.
  1. Anti Tumor
    Brotowali memiliki sifat Sitoktoksik terhadap kanker serviks yang hampir sama dengan obat yang digunakan untuk mengatasi tumor dan ekstrak brotowali dapat mengobati kanker hati.

Tanaman brotowali merupakan sejenis tanaman obat yang bisa digunakan untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit, baik luar maupun dalam. Ramuan tradisional dari brotowali ini merupakan ramuan warisan dari nenek moyang yang perlu dan harus selalu kita lestarikan.

Si Pahit Kaya akan Manfaat

 

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s