Zumba Bagi Kesehatan Tubuh

Screenshot_2017-12-11-20-06-24-65

Kesehatan merupakan hal yang mahal harganya yang harus dijaga setiap manusia, karena ancaman terhadap kesehatan mudah didapat dari mana saja. Seperti Polusi, makanan enak namun tidak sehat, pola hidup kurang teratur, dan kegemukan serta berat badan berlebih pun akhirnya menjadi ancaman yang tak dapat dihindari.   Sehubungan dengan hal itu, sekarang ini sudah ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh termasuk pula mengecilkan ukuran pinggang dan menurunkan berat badan. Setiap orang ingin sekali mempunyai badan yang ideal dan berbagai cara guna mendapatkan berat badan ideal telah dilakukan, dari mulai melakukan jogging, fitness, aerobic, dan lain sebagainya. Namun diantara itu ada satu aktivitas yang sekarang sedang populer, yaitu bernama  Zumba.

Screenshot_2017-12-11-20-07-15-61

Zumba, adalah salah satu kegiatan olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan cara menari yang menggunakan musik dan tarian latin dengan step aerobic. Kelas Zumba dibagi menjadi beberapa kategori dari anak usia 0 sampai 2 tahun yang dinamakan Zumba baby, lalu pada usia 2 sampai 12 tahun baru memasuki kelas Zumba kids, dan dari anak usia 17 keatas baruklah memasuki kelas Zumba regular. Zumba sangat digemari bukan saja oleh akitifis kesehatan dan para olahragawan/olahragawati, akan tetapi para anak – anak juga biasanya mempunyai kelas khusus pada saat melakukan olahraga tersebut. Zumba salah satu jenis olahraga yang menyenangkan, meski terkesan menyenangkan, tarian Zumba memberikan dampak yang cukup besar yaitu mampu membakar kalori jauh lebih banyak secara cepat, sekaligus membentuk otot tubuh. Karena gerakan-gerakan tersebut selain membakar kalori juga menguatkan kerja jantung. Hal itu terjadi karena adanya ritme musik yang cepat dan secara berkesinambungan untuk mengikuti setiap gerakan yang ada.

Screenshot_2017-12-11-20-07-36-75

Gerakan Zumba memang terkesan santai, namun tetap tidak dilakukan secara asal. Porsi gerakan yang diadopsi oleh olahraga ini 70% dansa dan 30% fitness. Karena berbentuk tarian, terlebih lagi dilakukan minimal selama satu jam, gerakan paling banyak dalam Zumba dance adalah kardio. Seperti meloncat, berputar, bergerak cepat dan lain sebagainya. Selain kardio, Zumba dance juga dikombinasikan dengan gerakan pengencangan otot-otot tubuh, seperti otot perut, punggung, paha, betis, dan pectoralis.    Gerakan-gerakan Zumba terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh.

Semua  gerakan dalam tarian Zumba dilakukan dengan cepat, bertenaga, dan bertekanan tinggi sehingga menimbulkan kontraksi serta tarikan otot. Tidak hanya membakar lemak dan menyehatkan jantung, gerakan zumba dance juga bisa meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Ketika berlatih zumba seseorang akan mengeluarkan keringat lebih banyak, ini menandakan pembakaran kalori terjadi lebih banyak. Dalam satu jam gerakan zumba, sekitar 750 sampai 1.000 kalori perjam. Latihan ini tentu lebih baik ketimbang olahraga lain seperti jogging yang hanya membakar 650 kalori.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s