#4 Teknik Melempar & Menangkap Bola (Softball)

Dalam kesempatan kali ini saya akan melanjutkan topik saya yang sebelumnya yaitu bagaimana teknik melempar dan menangkap bola dengan benar , Berikut adalah penjelasannya.

A. Cara melempar bola

Sebelum masuk ke poin pertama saya akan menjelaskan bagaimana teknik memegang bola dengan benar, yaitu di bola softball terdapat grip, dan jika ingin melempar dengan terarah letakan jari anda mengikuti alur grip masing masing dari jari anda mengenai alur dari grip bola, berikut adalah grip bola.

IMG_6042.JPG

Oke kita masuk ke poin topik caramelempar bola sebenarnya dalam softball ada 3 teknik untuk melempar bola yaitu ;

1. Lemparan atas (Overhead throw)

Biasanya lemparan ini dilakukan oleh outfield yang akan melempar bola ke infield karena jaraknya jauh maka lemparan ini sangat efektif dan juga sangat bertenaga berikut ini adalah caranya:

  • Jika kamu menggunakan tangan kanan untuk melempar, kaki kiri ke depan mengarah ke target yang ingin dilempar dan bersamaan dengan ayunkan tangan kanan ke belakang, posisi siku (90°) ke atas.
  • Ayunkan lengan ke depan, sementara itu putarkan pinggang ke depan dan pindahkan berat badan ke kaki depan.
  • Lemparan bola dibantu oleh pergelangan tangan supaya laju bola lebih cepat.
  • Untuk lemparan jarak jauh langkah kan kaki kanan ke depan seperti ingin lompat lalu lakukan gerakan yang sudah dijelaskan diatas itu gunanya untuk menambah tenaga dalam melempar bola.

2. Lemparan samping (Side arm throw)

Teknik lemparan samping hampir sama dengan lemparan atas tekniknya perbedannya hanya pada lengan pada saat mengayunkan bola posisinya menyamping bukan ke atas, biasanya teknik lemparan ini digunakan pada saat bola ingin di lemparkan pada target yang lumayan dekat dan cepat.

3. Lemparan bawah (Underhand throw)

Sama halnya dengan teknik lemparan samping , teknik ini perbedaannya terletak pada lengan dan ayunan tangannya saja, lemparan ini dilakukan jika keadaan sudah sangat mendesak sekali dan harus mematikan lawan sebelum sampai ke base.

IMG_6055

B. Cara menangkap bola.

Itu tadi penjelasan tentang teknik melempar bola softball, sekarang kita akan membahas topik selanjutnya yaitu teknik menangkap bola yang benar berikut adalah poin poinnya:

1.Bola datar.

Pada saat akan menangkap bola datar posisi badan sedikit menunduk dan glove selalu siap dibawah lalu pandangan fokus pada bola yang akan datang, pastikan bola yang datang masuk ke pocket glove dan supaya bola tidak terjatuh kembali tangan kanan anda menutup bola yang sudah masuk di pocket glove.

IMG_6005

2.Bola lambung.

Pada saat akan menangkap bola lambung pandangan fokus pada bola dan jika bola melaju kebelakang jangan berjalan mundur usahakan berlari ke arah bola tersebut pergi dan pandangan tetap fokus ke bola, setelah itu jika bola tersebut sudah dekat siapkan glove anda dan lakukan gerakan seperti yang sudah dijelaskan tadi.

3.Bola menggelinding.

Pandangan fokus ke bola, posisi badan menunduk, glove menyentuh tanah , jika bola sudah dekat, tekuk kaki kanan menyilang ke kaki kiri gunanya supaya bola tersebut jika tidak tertangkap di glove lalu tidak menggelinding terlalu jauh.

IMG_6006

Mungkin cukup sekian topik kali ini selanjutnya saya akan membahas topik tentang bagaimana menjadi seorang Pitcher terimakasih atas perhatiannya Wassalamualaikum Wr Wb.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s