DALANG CILIK

IMG_0844

Wayang merupakan sebuah kesenian tradisional yg sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya di dalam negri saja, Bahkan saat ini wayang sudah dikenal sampai ke manca Negara dan dijadaikan salah satu Warisan Kebudayaan Duna oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (Unesco).

IMG_0813

Dibalik keistimewaan wayang, tentunya ada banyak tokoh yg berperan untuk terus melestarikan wayang itu sendiri. Mulai dari pengerajin wayang yang bertugas untuk membuat atau menciptakan wayang tersebut, sampai dengan seorang dalang yg berperan sebagai pembawa cerita dan juga sekaligus sebagai penggerak wayang itu sendiri. Peran sang dalang tentu sangat berguna sekali sebagai pembawa cerita agar dapat di nikmati dan di cerna oleh para penonton. Bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang dalang, karena memainkan wayang sangat memerlukan konsentrasi dan juga ingatan yang sangat kuat untuk menghafalkan cerita-cerita yang ada, bukan hanya itu, tutur kata yang baik dan juga penguasaan karakter dari setiap lakon wayang yang ada juga merupakan hal yang harus di perhatikan, agar apa yang di bawakan oleh seorang dalang tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Hal tersebut akan menjadi tambah berat, dikarenakan saat ini dalang-dalang yang ada sudah sangat berusia yang tidak dapat dibilang muda lagi, dengan usia dan kemapuan yang makin lama semakin berurang, seorang dalang yang sudah termakan usia ini berusaha untuk terus bertahan untuk melestarikan wayang agat tetap Eksis pada saat ini.

IMG_0786

Dengan era yang semakin modern dan budaya serta kesenian tradisional mulai termakan zaman. Kesenian wayang mencoba bertahan untuk tetap menjadi budaya yang tidak terlupakan, banyak gerakan-gerakan dan juga  sosialisasi yang dilakukan oleh beberapa orang untuk megenalkan wayang terhadap anak-anak dan juga remaja saat ini. Bukan hanya itu, sanggar sanggar juga mulai membuka untuk para anak-anak  dan juga remaja agar dapat mempelajari kesenian wayang bahkan belajar untuk menjadi seorang dalang.

IMG_0790

Disaat semua anak-anak remaja saat ini tertarik dengan gadget dan memilih untuk melupakan kesenian tradisional. Tetapi berbeda dengan para dalang cilik ini, mereka memilih untuk tetap bisa melestarikan wayang agar tetap hidup di masa kini. Tentusaja, peran mereka untuk terus melestarikan wayang sangatlah bagus, karena sangat sulit untuk dapat menjadi seorang dalah dengan umur yang masih tergolong sanagat muda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s