Kebudiluhuran & Kejujuran – Saling menolong terhadap sesama

Dalam kebudiluhuran & Kejujuran terdapat satu sifat yang harus dimiliki setiap orang yaitu sifat saling tolong menolong karna sebagai orang Indonesia. Budaya tolong menolong merupakan sesuatu yang sangat erat dengan kehidupan kita. Budaya tolong menolong ini sudah dari dulu dipraktekkan oleh orang tua atau nenek moyang kita. Sebagai contoh, kita sebut saja gotong royong, karena dari dahulu gotong royong telah menjadi identitas budaya dan gaya hidup ornag Indonesia. Karna dalam tolong menolong terdapat banyak manfaat yang kita terima. Dalam video diatas merupakan contoh budaya tolong menolong walaupun hal kecil tapi itu sangat lah penting, jika kita menemukan orang yang sedang kesusahan alangkah baiknya untuk menolong orang itu sebisa kita untuk menolongnya karna jika menolong orang kitapun bisa mendapat etikat baik dari orang kita tolong tersebut. Dalam tolong menolong terdapat banyak dalam kehidupan kita yaitu

  1. Tolong menolong dalam keluarga

Tolong menolong didalam keluarga salah satu tempat yang paling dasar karna keluarga adalah bagian dari hidup kita, contoh dari tolong menolong di keluarga adalah membantu ayah dalam membersihkan kebun dirumah, membantu ibu untuk memasak dan lain-lain.

  1. Tolong menolong dalam masyarakat

Tolong menolong dalam masyarakat salah satu bagian penting juga karna manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari orang lain, contoh dari tolong menolong dalam masyarakat adalah saling gotong royong dalam membantu membersihkan got yang tersumbat aliran airnya, membantu tetangga kita jika tentangga kita butuh pertolongan, membantu menyebrangkan nenek/kakek yang sulit menyebrang dijalan.

Dari sebagian contoh dari tolong menolong terdapat manfaat yang kita dapatkan dari tolong menolong tersebut yaitu:

  1. Mempercepat pekerjaan

Karna kalau suatu pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama akan mudah untuk menyelesaikannya tidak butuh waktu lama jika mengerjakan bersama-sama.

  1. Mempererat tali persaudaraan sesama manusia

Didalam kegiatan tolong menolong kita akan mudah menjalin hubungan yang erat terhadap sesama manusia karna kita dapat mengerjakan sesuatu perkerjaan secara kerjasama.

  1. Menularkan perilaku baik terhadap orang lain

Dalam kegiatan tolong menolong kita dapat menularkan etikat baik yang kita lakukan dari kegiatan gotong royong karna Orang lain yang secara kebetulan melihat perbuatan tolong menolong yang kita lakukan pada orang lain akan mendapat energi positif untuk ikut melakukan perbuatan baik tersebut dan akan terus menularkan pada orang lain.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s