Perawatan Burung Cucak Ijo

IMG20171210092942

Saya akan memberikan tips mengenai perawatan burung cucak ijo. Burung cucak ijo merupakan burung dominan dengan warna hijaunya, dan burung ini memiliki kicawan yang merdu serta dapat mengisi suara / menirukan kicau burung lainnya.

Screenshot_2017-12-12-11-09-43-76

Tahap pertama bersihkan kandang secara rutin pada pagi hari agar burung tetap sehat dan tidak terjangkit penyakit.

Screenshot_2017-12-12-11-10-21-08

Tahap kedua mengganti pakan dan minum burung tersebut , sebagai tambahan burung cucak ijo sangat menyukai buah pisang dan bisa disebut burung pemakan serangga. Jadi kita wajib memberikan makanan tambahan pisang setiap harinya serta memberikan jangkrik. Dalam memberikan jangkrik tidak usah terlalu banyak, cukup 5 ekor jangkrik seminggu dua kali.

Screenshot_2017-12-12-11-10-30-46

Tahap ketiga mandikan burung rutin setiap pagi hari, semua tergantung kondisi burung nya juga. Jika burung terlihat sedang tidak fit / cuaca sedang hujan kita tidak perlu memandikan burung itu. Baiknya memandikan burung dengan kebiasaan setiap yang merawatnya, ada yang di sediakan cepuk besar agar si burung mandi sendiri, ada juga yang di semprot halus.

Screenshot_2017-12-12-11-10-40-94

Tahap keempat melakukan penjemuran. Penjemuran untuk burung cucak ijo tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, cukup sekitar 1 – 2 jam. Setiap burung kicaw memerlukan penjemuran agar badan burung tetap sehat dan terjaga kondisinya.

Perawatan tambahan untuk lomba, burung perlu sedikit tambahan vitamin dan doping agar burung ngotot dan mengeluarkan semua kicawannya saat lomba. Berikan ulat hongkong dan jangkrik ketika sedang mau lomba. Untuk memberikan doping yang bagus, kita hanya perlu membeli vitamin yang ada di toko burng, tidak perlu memberikan doping yang bisa merusak si burung dan membuat drop.

Burung cucak ijo bisa di sebut sebagai burung berkoloni juga, sebelum burung digantang (di ikuti lomba) burung wajib di koloni dengan sesama burung cucak ijo juga, koloni bergua untuk melihat si burung apakah pas di gantang burung akan ngotot seperti saat dikoloni. Hanya segini yang bisa disampaikan terima kasih semoga berguna bagi para kicaw mania.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s