Olahraga Unik “Petanque”

IMG_20171215_124102[1]
Dokumentasi Narasumber

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang olahraga unik, olahraga unik sendiri menurut saya adalah olahraga yang tidak biasa dimainkan, sangat jarang terdengar di masyarakat serta cara bermain nya pun terbilang unik. Olahraga unik ini adalah petanque atau yang biasa disebutkan dengan “petanq”. Petanq merupakan salah satu olahraga yang unik dan terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Olahraga unik ini berasal dari Prancis. Petanque merupakan olahraga atau bentuk permainan yang mempunyai tujuan yaitu dengan melempar bola besi seberat 700 gram dan mendekatkanya dengan bola kayu yang disebut  cochonet. Kaki pelempar harus berada di dalam lingkaran kecil dan tidak boleh menginjak garis yang ada di lingkaran kecil tersebut. Permainan atau olahraga ini bisa dimainkan ditanah, rerumputan dan pasir. Namun, biasanya paling sering dimainkan dipasir. Petanque sendiri baru dipertandingkan di Indonesia pada ajang Seagames di tahun 2011.

 

Cara bermain petanque ini diliatnya mudah namun sangatlah sulit jika diperhatikan. Petanque sendiri dimainkan oleh satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga. Untuk tunggal dan ganda dalam permainan ini diberikan 3 Boule ( bola besi ). Tim membawa dan menarik lingkaran di tanah yang berdiameter 35 – 50 cm. Semua pemain harus berdiri dan melempar Boule ini dari lingkaran dan tidak boleh menyentuh garis lingkaran. Pemain pertama melempar cochonet ( bola kecil ) 6 – 10 meter, setidaknya satu meter dari perbatasan. Setelah itu pemain pertama melempar boule untuk mendekatkan ke cochonet. Setelah itu pemain selanjutnya juga berusaha mendekatkan boulenya ke cochonet, yang paling dekat akan mendapatkan point. Tim pemenang adalah tim yang pertama mencapai point 13. Cara melempar boule dalam petanque ini juga memiliki tehnik sendiri yaitu dengan telapak tangan kebawah yang memungkinkan backspin ( telapak tangan kebawah sambil melemparnya diputar ) untuk diletakan pada Boule untuk memberikan kontrol yang lebih besar.

1512987201835[1]
Dokumentasi Narasumber
Irfan merupakan salah satu atlit Petanque dari Universitas Jakarta ( UNJ ). Sebelum menggeluti olahraga ini, dia adalah salah satu atlit yang mempunyai basic olahraga bulutangkis. Prestasi – prestasi yang ia torehkan juga sudah sangat banyak yaitu, juara 3 triple open FIO UNJ, juara 3 double open sepatan, juara 3 kejurnas mahasiswa dan irfan juga sudah mengikuti ajang olahraga petanque internasional di malaysia pada tahun 2017. Menurut irfan ia memilih olahraga petanque, karena unik dan peminatnya juga masih jarang di Indonesia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s