Badminton Triple Melatih Kecepatan

Badminton triple.Still002

Badminton atau lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan bulu tangkis merupakan olah raga yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Olah raga tepuk bulu ini merupakan olah raga rakyat, hal ini karena olah raga tersebut cukup terkenal setelah olah raga sepak bola. Selain itu, olah raga bulu tangkis juga adalah olah raga paling berprestasi di kancah nasional maupun internasional, termasuk di kancah Olimpiade.

Biasanya olah raga bulu tangkis dimainkan oleh satu orang lawan satu orang (tunggal) baik putra maupun putri, dan dua orang lawan dua orang (ganda) baik ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran (pasangan putra dengan putri). Pertandingan bulu tangkis dengan nomor tunggal dan ganda adalah hal yang biasa. Tetapi tau kah anda bahwa bulu tangkis juga bisa dipertandingkan dengan tiga lawan tiga (triples)?

Bulu tangkis triples ini merupakan nomor pertandingan yang baru di dunia bulu tangkis nasional. Pertandingan bulu tangkis triples diperkenalkan pada 2013 oleh salah satu pertandingan tingkat mahasiswa se-Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan Liga Mahasiswa.

Peraturan pada pertandingan bulu tangkis triples tidak banyak berbeda dengan pertandingan di nomor ganda. Hanya saja, di nomor pertandingan bulu tangkis triples setiap pemain boleh melakukan servis tanpa memperhatikan angka atau poin yang didapatnya.

Sebenarnya bulu tangkis triples bukan menjadi hal yang baru di dunia perbulutangkisan profesional. Tetapi, bulu tangkis triples biasanya hanya dilakukan oleh para atlet pada saat sedang melakukan latihan saja bukan saat pertandingan. Saat latihan, bulu tangkis triples dilakukan dengan melawan ganda atau tunggal yang dimaksudkan untuk melatih kecepatan dan ketahanan sang atlet ganda maupun tunggal tersebut pada saat pertandingan.

Badminton triple.Still001

Meski sudah dipertandingkan di Liga Mahasiswa nasional, bulu tangkis triples belum bisa memasuki pertandingan tingkat internasional atau pertandingan resmi Badminton World Federation (BWF). Hal ini karena pertandingan bulu tangkis triples dinilai terlalu rumit dan berbahaya bagi pemain. Jika bulu tangkis triples dimainkan dipertandingan BWF, maka pemain profesional elit tingkat dunia tidak memiliki celah untuk mematikan lawan, karena lapangan lawan tidak memiliki lahan kosong.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, pertandingan bulu tangkis internasional pasti sangat berbeda dengan pertandingan nasional. Pemain bulu tangkis yang sudah mendunia tentu akan bermain cepat dan tanpa celah, jika terlalu banyak pemain di lapangan maka hal ini ditakutkan akan membahayakan bagi pemain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s