Cheating Day

Diet dilakukan selama beberapa bulan tanpa henti, tetapi karena sering tidak tahan godaan, perempuan malah tergoda untuk melanggar aturan diet dengan menyantap makanan berlemak favoritnya pada akhir pekan. Ini sering menimbulkan perasaan bersalah, dan membuat program diet minggu selanjutnya menjadi lebih ketat atau bahkan gagal.

Cheating day adalah hari curang bagi orang-orang yang sedang dalam program diet. Hari curang disini adalah jika kalian sedang diet dalam 1 minggu atau 2 minggu itu dibutuhkan 1 hari untuk cheating day, karena cheating day ini dilakukan sebagai penghargaan, sebagai hadiah, dan untuk menghindari rasa-rasa bosan dalam menjalani diet.

Cheating day ini sangat berfungsi atau membantu untuk menstabilkan porsi diet kalian. Dihari ini kalian boleh makan apapun yang kalian suka dan inginkan, tetapi setelah itu kalian harus kembali konsisten dalam menjalani diet karena apapun yang kalian makan pada saat cheating day harus kalian bakar lemaknya dikeesokan harinya dan jangan lupa melakukan cardio.

IMG20171208174258

Kalian boleh melakukan cheating day tapi harus dengan taraf yang sewajar wajarnya dan hindari rasa khilaf. Rata-rata dari kita mengkonsumsi makanan harian dengan menu cenderung monoton atau berulang, menahan diri hingga 6 hari itu tidak akan membunuh kita. Justru melatih kesabaran dan menambah nikmat dan syukur atas makanan.

Alasan kenapa kamu perlu melakukan cheating day pada saat diet :

1. Mengembalikan Energi

Sabtu dan minggu sepertinya bisa jadi hari yang cocok untuk melakukan cheating day. Tidak perlu takut untuk menyantap berbagai jenis makanan kesukaan, mulai dari ayam, mie, nasi goreng dan sebagainya. Efeknya tidak hanya memberikan kebahagiaan untuk diri sendiri, tetapi juga meningkatkan kembali hormon leptin dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan energi.

2. Meningkatkan Mood

Melakukan cheat day sama saja seperti apresiasi atau penghargaan terhadap diri sendiri. Tidak perlu merasa bersalah karena telah memakan semua makanan pada satu hari tersebut. Selain itu, mood pun akan kembali meningkat dan siap untuk menjalani diet selanjutnya.

3. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh

Dalam menjalani program diet sistem kekebalan tubuh serta metabolisme akan terganggu sehingga menyebabkan perubahan hormon secara keseluruhan. Untuk menghindari hal tersebut, maka berikanlah ruang istirahat untuk mengembalikan sistem metabolisme.

ATURAN CHEATING DAY YANG BENAR DAN AMAN

  • Makan Secara Perlahan

Meskipun dihari ini kalian bebas makan apa saja, tetapi harus tetapi memperhatikan cara makan. Makanlah makanan yang disukai secara perlahan dengan mengunyahnya secara perlahan, sehingga kalian bisa menikmati rasa pada makanan tersebut, selain itu makan secara perlahan itu dapat membuat anda lebih cepat kenyang.

  • Memperhatikan Porsi

Selama melakukan cheating day kita juga harus memperhatikan porsi makanan. Konsumsilah makanan dalam jumlah yang sedikit, tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat pada dasarnya wajib untuk dilakukan setiap hari. Jadi, aturan cheating day pastikan kalian tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan kaya serat. Pasalnya, makanan tersebut dapat membantu kalian mengontrol nafsu makan namun tetap menjaga kebugaran tubuh anda walaupun sedang melakukan diet.

Kegiatan ini tidak boleh dilakukan sembarangan, memang kalian diperbolehkan untuk makan apapun dalam satu hari. Namun, ada baiknya tetap menjga pola makan yang sehat, tujuannya agar tubuh tetap sehat dan timbangan tidak langsung melonjak drastis.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s