Olahraga Panahan

_20171217_143835

Setiap orang membutuhkan olahraga untuk membuat sehat. Olahraga di lakukan untuk menunjang fisik agar tidak cepat lelah karena padatnya aktivitas yang di lakukan. Dengan berolahraga juga bisa membuat pikiran tenang dan tidak gampang stres.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis olahraga yang bisa di lakukan Salah satunya adalah Panahan. Tapi hanya sebagain orang yang memainkan olahraga jenis ini. Karena di samping butuh ekstra latihan juga biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

Panahan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan busur panah untuk menembakan anak panah ke papan panah yang telah di sediakan.

Panahan merupakan olahraga pertama di Indonesia yang memenangkan medali perak pada olimpiade Seoul tahun 1988. Sejarah olahraga panahan di mulai dari cerita cerita kuno yang pada saat itu kstaria menggunakan panah sebagai senjatanya.

Teknik dasar panahan ada bermacam-macam diantaranya seperti hooking, release, square dll. Untuk menguasai satu teknik dasar tersebut tergantung intensitas latihan yang di lakukan oleh pemanah. Bisa 6 bulan hingga 1 tahun. Olahraga panahan tidak memiliki batasan usia, asal pemanah memiliki fisik yang cukup kuat dan sehat.

_20171217_143449

Melakukan panahan di butuhkan konsentrasi penuh. Karena ada dua faktor yang membuat bidikan panahan tidak sesuai, pertama adalah faktor psikologis dan kedua kondisi pada saat di lapangan. Faktor psikologis yaitu pemanah harus bisa mengendalikan emosi, atau tekanan yang terjadi dalam diri pemanah dan faktor kedua adalah kondisi saat di lapangan seperti cuaca, kecepatan angin, panas, hujan, lembab itu semua bisa mempengaruhi setiap bidikan anak panah.

Setiap Olahraga yang dilakukan pasti memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh, begitu pula dengan olahraga panahan. Manfaat yang dirasakan adalah bisa melatih daya fokus karena setiap membidik satu anak panah dibutuhkan konsentrasi yang penuh agar bidikan anak panah tepat sasaran. Melatih tingkat kepercayaan diri, dengan memanah membuat kita harus percaya dengan diri sendiri dan juga kemampuan yang dimiliki bahwa bidikan panah tersebut mengenai sasaran. Dan yang paling penting adalah melatih emosi, jika seorang pemanah tidak bisa mengendalikan emosinya maka pemanah jarang berhasil untuk melakukan bidikannya.

Tertarik melakukan Olahraga Panahan? Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s