Olahraga Sepak Takraw

WhatsApp Image 2017-12-17 at 19.23.59

Sepak Takraw merupakan salah satu olahraga yang sekarang sudah banyak orang tau, dan merupakan olahraga yang tidak biasa. Olahraga sepak takraw ini juga merupakan olahraga ekstrem di Indonesia maupun di dunia kenapa ekstrem, karena olahraga ini salah satu olahraga yang menggunakan kaki dan kepala untuk memainkannya. Sehingga olahraga sepak takraw ini kurang banyak orang yang meminati olahraga ini, karena olahraga ini susah untuk dipelajari serta dimainnkan dengan waktu yang cepat.

Olahraga sepak takraw juga merupakan olahraga gabungan dari olahraga sepak bola, bola voli, dan taekwondo. Dimana pada olahraga sepak takraw sendiri lebih kepada olahraga sepak bola, tetapi kita memanipulasi dengan adanya net, bola yang lebih kecil sehingga ini permainnan nya lebih ke voli, peraturannya pun lebih ke olahraga voli.

Dalam olahraga sepak takraw sendiri  terdapat cara bermain sepak takraw yaitu, terdiri dari 3 pemain dan 3 lawan. Dimana dalam permainnan sepak takraw ini ada seorang Service gunanya untuk memulai permainnan, lalu ada Umpan/Pengumpan, yaitu untuk memberikan umpan kepada lawan, yang terakhir ada Smash, yaitu untuk mengakhiri permainnan atau mencari point. Untuk olahraga sepak takraw sendiri terdapat 1 tim yang terdapat 12 orang, tetapi dalam satu tim terdapat 3 regu.

WhatsApp Image 2017-12-17 at 19.24.04.jpeg

Olahraga sepak takraw sendiri tidak menggunakan durasi waktu, hanya sekitar 45 menit untuk satu game. Karena dalam olahraga sepak takraw sendiri menggunakan polling, jadi 21 set untuk point dalam 2 segment. Dalam melakukan olahraga sepak takraw sendiri akan sulit dipelajari bagi para orang baru yang akan mencoba olahraga ini, karena olahraga ini merupakan olahraga ekstrem di Indonesia bahkan di dunia.

Untuk melakukan olahraga sepak takraw sendiri memerlukan waktu yang begitu panjang,  dalam ilmu kepelatihan terdapat 3 tahap dasarnya, yaitu 1. Teknik dasar di 1 tahun, ini untuk mendalami teknik-teknik dasar dari olahraga sepak takraw sendiri. 2. Harus memahami teknik menyepak dalam melakukan olahraga sepak takraw sendiri, seperti service,pengumpan dan smash. 3. Mencari permainan atau lomba serta untuk mencari prestasi.

Dalam olahraga sepak takraw sendiri sudah banyak mendapatkan juara yang sudah diraih oleh para pemain olahraga sepak takraw, yaitu 2-3 tahun terakhir ini mendapatkan mendali emas di Kopena pada tahun 2013, lalu mendapatkan perak dan perunggu di tahun 2015 Penas Jawa Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s