Cara Mengetahui Puisi yang Cocok Dijadikan Musikalisasi Puisi

Ada beberapa cara membuat puisi agar mendapatkan tampilan menarik yang bisa kita lakukan. Walaupun kelihatannya mudah, yaitu tinggal menambahkan musik atau irama pada sebuah puisi saja. Namun jika dipraktekkan tidak semudah yang kita bayangkan. Dalam pembuatan musikalisasi puisi kita harus bisa memilih puisi dan lagu yang tepat sehingga bisa diperpadukan. Berikut ini langkah-langkah cara memilih puisi untuk di musikalisasi puisi.

Sebelum membuat suatu musikalsiasi, kita harus bisa memahami isi puisi dan musik yang akan digunakan. Disitu nanti kita akan tahu cara menyesuaikan irama musik dengan puisi yang digunakan tersebut. Sebagai contoh musikalisasi puisi pada sebuah lagu. Jika anda pernah mendengar lagu-lagu dari Ebiet G.de dan Bimbo. Bagi orang yang bisa meresapi dari lagu tersebut, lirik lagu tersebut terasa sangat puitis. Pada dasarnya lirik lagu tersebut memang merupakan sebuah puisi yang dimusikalisasi dengan diiringi alat musik atau irama.

Selain itu, jika kita pernah mendengar dan serius memperhatikan musikalisasi puisi yang direkomendasikan lirik lagu Bimbo. Dalam lirik tersebut juga terdapat makna yang sangat puitis. Ada beberapa lagu yang ditulis oleh penyair di Indonesia yaitu Taufik Ismail. Sebagai contoh, coba perhatikan lagu tersebut dan putarlah beberapa lagu dari Ebiet G. Cobalah untuk menyanyikannya dengan perlahan maka akan merasakan kecocokan irama dan puisi tersebut.

Setelah kita sudah bisa memahami dari syair tersebut, maka cobalah syair lagu tersebut diiringi dengan alat musik. Kita bisa menggunakan alat musik yang pada umumnya digunakan yaitu gitar, piano, ataupun alat musik lainnya. Pastinya ketika sudah mencoba dari musikalisasi puisi tersebut maka akan merasakan kenyamanan tersendiri. Pada dasarnya semua puisi itu dapat untuk dimusikalisasikan. Namun, ada baiknya jika kita memilih lagu puisi yang sederhana untuk memudahkan dalam pembuatannya. Selain itu mudah diucapkan, dengan pemilihan puisi sederhana cocok bagi yang baru mencoba membuat musikalisasi puisi. Selain itu dapat membantu anda dalam menghayati puisi tersebut.

Dalam menentukan puisi memang bukan hal yang mudah sehingga kita bisa meminta saran dan berdiskusi dengan teman. Sebelum menentukan puisi, kita juga harus tahu betul tentang makna puisi yang terkandung. Setelah bisa menentukan puisi yang akan dimusikalisasikan. Langkah selanjutnya seperti yang dibahas, yaitu memahami makna dan isi kandungan dari puisi tersebut. Hal tersebut agar memudahkan kita dalam menentukan irama yang tepat untuk pusisi tersebut. Agar memudahkan dalam menentukan irama musik maka mintalah bantuan kepada teman maupun lainnya yang bisa bermain musik. Tempo dan nada harus sesuai degan isi kandungan puisi yang ditentukan.

Dengan begitu, akan terciptalah sebuah perpaduan bunyi yang indah antara puisi dengan alat musik yang mengiringinya. Dalam menampilkan suatu musikalisasi puisi hal yang perlu diperhatikan yaitu kejelasan vocal dan penghayatan atau ekspresi ketika menampilkan puisi tersebut. Mengutamakan isi dan lirik-lirik puisi sangat perlu diperhatikan juga. Selain itu musik yang digunakan mengiringi puisi tersebut juga harus sesuai dengan tema puisi yang akan ditampilkan. Sehingga jika penampilan musikalisasi akan berjalan dengan lancar dengan penampilan yang indah dan sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s